MULTIPLE INTELLIGENCE

oeh : Betric Feriandika

Multiple Intelligence adalah kecerdasan majemuk. Setiap orang memeiliki kecerdasan yang berbeda. Berbagi ilmu dari Prof. Gardner yang telah menemukan teori kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligences, bahwa ada banyak kecerdasan yang dimiliki setiap orang. Ia mangatakan bahwa setiap orang memilki bermacam-macam kecerdasan, tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda.

Melalui pengenalan akan Multiple Intelligences, kita dapat mempelajari kekuatan atau kelemahan seseorang dan memberikan mereka peluang untuk belajar melalui kelebihan-kelebihannya. Sehingga mereka memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dunia, bekerja dengan ketrampilan sendiri dan mengembangkan kemampuannya sendiri.

Berikut 8 jenis kecerdasan :

1.       Kecerdasan Linguistik (Word Smart) :

Kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

  • Bicara, bicara, dan bicara. Banyaklah bicara, tapi bukan mengomel. Bolehlah cerewet tapi yang progresif
  • Katakan yang anda lihat, dengar atau rasakan dalam aktivitas sehari-hari
  • Jawablah pertanyaan dengan antusias, bukan sambil lalu
  • Menulis buku harian, dll.

2.       Matematika & Logika (Number Smart) :

Mampu memecahkan masalah, mampu memikirkan, dan menyusun solusi dengan urutan yang logis.

  • Mencoba menebak akhir suatu permasalahan dengan pertimbangan logika
  • Analisis dan tafsirkan data
  • Organisasikan matematika dengan pelajaran lain
  • Gunakan prediksi

3.       Kecerdasan Visual & Spasial ( Picture Smart) :

Kemampuan melihat dan mengamati dunia visual-spasial secara akurat, dan kemudian bertindak atas persepsi tersebut.

  • Gunakan gambar untuk belajar
  • Menggunakan symbol-simbol.
  • Menggunakan peta pikiran atau mind-map
  • Menggunakan spidol berwarna secara bergantian ketika menulis
  • Menggunakan grafik computer
  • Menempelkan gambar / poster yang merangsang motivasi diri sendiri

4.       Kecerdasan Musik (Musical Smart) :

Kemampuan menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk, dan mengekspresikan bentuk-bentuk music, meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi, dan timbre dari music yang didengar.

  • Menyanyikan aneka jenis lagu
  • Memainkan alat music
  • Memutar music ( instrument, volume sedang) saat sedang belajar/bekerja
  • Meningkatkan kepekaan terhadap suara di sekitar

5.       Kecerdasan Interpersonal (People Smart) :

Kemampuan untuk mengamati, dan mngerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain dan mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi.

  • Mengembangkan kerja sama dengan rekan/murid
  • Menggunakan teori sebab akibat
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
  • Meningkatkan keaktifaan interaksi dalam kerja kelompok

6.       Kecerdasan Intrapersonal ( My self Smart) :

Kecerdasan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri (kekuatan dan kelemahan pribadi)

  • Mendengarkan intuisi
  • Membuat catatan harian (diary)
  • Melakukan refleksi terhadap diri sendiri
  • Meningkatkan kesabaran
  • Memperhatikan atau menghargai perasaan serta motivasi sebagai bagian dari kesempatan berbagi cerita, pengalaman, dan kesan.

7.       Kecerdasan kinestik (Body Smart) :

Kemampuan menggunakan tubuh secara terampiil untuk mengungkapkan idea tau pemikiran dan perasaan, mampu bekerja dengan baik dalam menangani dan memanipulasi obyek.

  • Menggunakan bahsa tubuh/gerak dalam belajar mengajar, atau Belajar sambil bergerak
  • Mendramatisasikan proses belajar
  • Membiasakan relaksasi saat sedang bekerja

8.       Kecerdasan Naturalis (Nature Smart) :

Kemamouan mengenali, membedakan, menggilongkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun di lingkungan.

  • Belajar di alam terbuka
  • Mempelajari kejadian alam dan apa implikasinya bagi umat manusia
  • Mempelajari pengaruh perbuatan manusia, baik positif maupun negative terhadap alam.

Kedelapan kecerdasan ini bekerja sama dalam suatu jalinan yang unik dan rumit. Setiap manusia memiliki kedelapan kecerdasan ini dengan kadar perkembangan yang berbeda.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah berapa pun skor, tinggi atau rendah, sama sekali tidak ada hubungannya dengan apakah kita pintar atau tidak. Skor yang berbeda menunjukkan kekuatan kecerdasan dominan kita. Semakin tinggi skor kita berarti semakin sering kita menggunakan dan mengasah kecerdasan ini. Skor yang rendah berarti kita belum secara maksimal mengasah dan mengembangkan kecerdasan ini.

MULTIPLE INTELLIGENCE | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *