NASA “Smart Spheres” Berhasil Diuji di Stasiun Antariksa Internasional

 

Beberapa waktu yang lalu, sebuah robot terbang bebas di Stasiun Ruang Angkasa Internasional berhasil mengumpulknan mengirimkan data gerak ke handler astronotnya melalui kontroler dari sebuah smartphone.

Ini adalah salah satu Eksplorasi proyek Telerobotics Manusia yang baru dari NASA, sebuah Misi Demonstrasi Teknologi yang bernilai tinggi dilengkapi dengan Compact free-flying satellites yang dikenal dengan Synchronized Position Hold, Engage dan Reorient Experimental Satellites menggunakan perangkat smartphone Samsung Nexus S TM dan fitur platform Google’s open-source Android™.

Modifikasi kecil dibuat untuk smatphone, termasuk menghilangkan komunikasi seluler chip GSM untuk menghindari gangguan dengan stasiun elektronik dan mengganti baterai standar lithium-ion dengan baterai alkaline AA.

Selama percobaan berlangsung, dapat menunjukkan bahwa Smart-Spheres bisa berfungsi dengan baik ketika di operasikan sebagai Remote Assistants untuk astronot di luar angkasa. Kedepannya, perangkat asisten ini akan melakukan inspeksi dan survei  interior stasiun untuk membuat gambar dan video menggunakan kamera ponsel. NASA juga berencana untuk melakukan simulasi external free-flight excursions dan kemudian akan dilakukan pengujian apakah robot bisa menangani tugas-tugas lain yang mungkin lebih menantang.

Menurut Terry Fong, manajer proyek dari proyek Telerobotics Eksplorasi Manusia dan Direktur Grup Robotika Cerdas di NASA Ames Research Center di Moffett Field, California: “Tes yang sedang kami lakukan dengan lingkungan smartphone akan membantu NASA untuk membuat robot yang lebih baiuk untuk digunakan sebagai asisten dan dukungan serba guna bagi manusia penjelajah di orbit bumi atau pada pada sebuah misi besar ke dunia lain utnuk suatu tujuan yang baru.”

Ponsel Nexus S adalah smartphone komersial disertifikasi oleh NASA untuk digunakan pada stasiun ruang angkasa. Setiap smartphone terhubung ke lingkungan bebas-selebaran melalui kabel. Sebuah koneksi jaringan nirkabel (Wi-Fi) ke komputer stasiun ruang angkasa menyediakan jalur data ke bumi. Di masa yang akan datang, NASA melakukan antisipasi untuk menggunakan jenis lain dari smartphone di stasiun.

Anda dapat menyaksikan sebuah video dari Google yang mengabadikan penggunaan software open-source Android™ oleh NASA di Stasiun Luar Angkasa Internasional yang menampilkan seorang peneliti Mike Fossum, Komandan ekspedisi 29 yang menunjukkan langkah-langkah penggunaan Smart-Spheres. Video dapat di lihat di :  http://www.nasa.gov/mission_pages/tdm/telerobotics/11-160.html

NASA “Smart Spheres” Berhasil Diuji di Stasiun Antariksa Internasional | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *