Ngaji Syarah al-Hikam, nomor 102.

Ngaji Syarah al-Hikam, nomor 102.
Engkau mungkin pernah merasa khawatir diabaikan oleh kelompokmu, tidak dipedulikan oleh atasanmu, atau bahkan mereka benar-benar meninggalanmu, atau berbuat jahat kepadamu, sehingga engkau melepas diri dan berpisah dari mereka.
Jika itu terjadi, sadarlah bahwa semua itu bukan petaka melainkan justru adalah karunia-Nya. Itu adalah salah satu cara Allah agar engkau lebih dekat dengan-Nya dan “bermesraan” bersama-Nya.
Lihatlah, betapa banyak kasus dimana Allah Yang Maha Bijak memutuskan ketergantungan seorang hamba kepada mahkluk-Nya agar yang bersangkutan bisa focus dan benar-benar mendekatkan diri kepada-Nya. Kenapa harus diputus dari mahluk-Nya? Karena kebersamaan dan “kemesraan” dengan-Nya tidak akan maksimal jika engkau masih belum bisa melepaskan diri dari selain-Nya.
Karena itu, jangan bersedih. Jangan pedulikan kekhawatiranmu pada mereka dan jangan tempatkan dirimu dibawah bayang-bayang mereka. Fokuskan perhatianmu hanya kepada Allah dan teruslah berusaha “bersama”-Nya. @PP al-Azkiya

Ngaji Syarah al-Hikam, nomor 102. | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *