Ngaji Syarah al-Hikam, nomor 96.

Ngaji Syarah al-Hikam, nomor 96.

Kadang engkau diberi semangat dan kemampuan yang kuat untuk melakuan beribadah, sehingga jumlah shalat sunnahmu banyak, sedekahmu luar biasa, ibadah haji dan umrahmu berulang-ulang, jamaahmu ribuan dan seterusnya. Akan tetapi, semua amal kebajikanmu tidak sampai kepada Allah, tidak diterima Allah, sehingga ibadahmu tidak memberikan dampak positif apapun padamu. Engkau tidak ubahnya seperti seekor keledai yang membawa buku-buku pengetahun; buku-buku berharga tersebut hanya menjadi beban tetapi tidak memberikan kontribusi positif padanya.
Sebaliknya, bisa jadi engkau jatuh dalam dosa dan kesalahan. Akan tetapi, semua itu kemudian membuatmu menyesal, bertaubat dan berjuang untuk merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dan dekat dengan Allah.
Karena itu, jangan tertipu oleh banyaknya amal dan kebajikan yang kau lakukan. Jangan terlena oleh jumlah murid yang kau didik, jangan hanyut oleh semaraknya jamaah yang mengikutimu dan seterusnya, karena semua itu belum tentu menghasilkan buah, yaitu di terima oleh Allah. Sebaliknya, juga jangan berputus asa ketika jatuh dalam kesalahan dan dosa. Bisa jadi, justru itulah yang akan merubah pribadimu menjadi lebih baik dan dekat dengan Allah @PP al-Azkiya.

Sumber : Laman FB Dr. H. A. Khudori Soleh, M.Ag

Ngaji Syarah al-Hikam, nomor 96. | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *