Notebook Terbaik Berdasarkan Performa

Notebook dengan harga murah tetap jadi primadona di pasar IT Indonesia. Akan tetapi, murah itu relatif, bukan? Ini dia tips untuk membantu Anda memilih notebook :

 HP Pavillion DM1-3016AU

sudah bisa diperoleh dengan menggunakan VGA terintegrasi dari Intel Sandy Bridge. Bahkan, APU seperti E450 pun sudah bisa menjalankannya. Hanya saja, resolusi harus dikorbankan turun ke kisaran 800×600.

Cocok untuk: menjalankan game online ringan yang menggunakan directX9-10 pada resolusi rendah.

Kurang cocok untuk: Game yang menggunakan feature kompleks seperti DirectX 11.

Performa Gaming online kelas menengah

 

Acer Aspire TimelineX

Baru bisa ditemukan pada perpaduan prosesor dengan VGA discrete (tambahan) kelas entry-level atau prosesor AMD Llano untuk notebook. Pada kelas ini, sebenarnya tidak ada patokan spesifikasi yang harus, tetapi usahakan mendapatkan notebook dengan prosesor Intel core i3 dan i5 dengan graphics NVIDIA atau AMD Radeon. Uktuk kelas ini tidak ada patokan harga, tetapi usahakan mendapatkan graphics dengan seri menengah.

Cocok untuk: Game online dengan directX9-10 dengan resolusi penuh (1366×768)

Kurang cocok untuk: Game yang menggunakan feature kompleks seperti DirectX 11.

Performa Gaming mainstream

 

MSI GE620DX

pada notebook membutuhkan prosesor yang cukup baik, mampu menjalankan 4 thread, dan VGA terpisah (discrete) dengan performa yang baik juga (minimal 128-bit). Memang tidak banyak yang membuat nnotebook pada kelas ini,tetapi biasanya sudah mengusung prosesor Intel core i5 keatas dengan graphics dari NVIDIA atau ATI radeon dan mempunyai harga di kisaran harga kurang lebih Rp10.000.000,-.

Cocok untuk: Menjalankan game 3D terbaru pada resolusi 1366×768 atau 1280×720, memainkan game online biasa pada resolusi penuh.

Kurang cocok untuk: Memainkan game terbaru dengan kualitas gambar tertinggi

Performa Gaming high-end

 

Alienware m17x

pada notebook sebenarnya belum bisa bersaing dengan gaming high-end pada desktop. Performa high-end pada notebook baru bersaing dengan desktop yang menggunakan VGA di kelas 2 juta rupiah. Akan tetapi, untuk sebuah notebook, performa seperti ini sudah dianggap lebih dari cukup. Notebook jenis ini biasanya mempunyai harga di atas Rp12.000.000,- dengan berbagai spesifikasi yang dapat Anda temukan pada PC desktop, seperti: storage RAID-0, graphics SLI, Memory diatas 8GB dan lain sebagainya.

Cocok untuk: Menjalankan game 3D terbaru pada resolusi penuh dengan menghidupkan sebagian feature kualitas gambar, memainkan game online pada resolusi penuh.

Kurang cocok untuk: Memainkan game terbaru dengan kualitas gambar tertinggi pada layar monitor tambahan 1080p.

Notebook Terbaik Berdasarkan Performa | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *