OBESITAS DAN PERMASALAHANNYA

Kegemukan dapat memicu timbulnya beberapa penyakit khronis yang sangat serius seperti :
1.    Resistensi Insulin
Insulin dalam tubuh berfungsi menghantarkan glukosa sebagai bahan bakar pembentukan energy ke dalam sel untuk menjaga kadar gula darah normal.
Pada orang gemuk, terjadi penumpukan lemak, dimana lemak sangat resisten terhadap insulin. Pancreas sebagai pabrik insulin memproduksi insulin dalam jumlah yang banyak, sehingga pancreas tidak sanggup lagi memproduksi insulin dalam jumlah besar. Akhirnya kadar gula darah naik dan terjadi Diabetes Melitus Tipe 2.
2.    Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
3.    Peningkatan Kadar Kolesterol
4.    Stroke
5.    Serangan jantung
Resiko terkena penyakit jantung koroner pada orang gemuk 3-4 kali lipat lebih tinggi dibandingkan orang dengan berat normal.
6.    Gagal jantung
7.    Kanker
Meski masih menuai kontroversi, beberapa penelitian menyebutkan bahwa terjadi peningkatan terjadinya kanker usus besar, prostat, kandung kemih dan kanker rahim pada orang gemuk.
8.    Batu empedu
9.    Radang sendi
10.    Osteoporosis
11.    Gangguan tidur
Apa penyebab kegemukan:
1.    Keturunan (genetic)
Seorang cenderung menjadi gemuk jika kedua orang tuanya gemuk. Genetic juga berperan dalam mempengaruhi fungsi hormone yang mengatur perlemakan tubuh.
2.    Terlalu banyak makan
Banyak makan akan menambah berat badan terutama jika makanan yang dikonsumsi banyak mengandung lemak dan gula seperti makanan siap saji, makanan yang digoreng, dan manisan.
3.    Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana
Karbohidrat sederhana seperti gula, fruktosa, soft drink, bird an anggur akan menyebabkan berat badan bertambah karena karbohidrat jenis ini lebih mudah diseraap oleh tubuh.
4.    Frekuensi makan
Meski ini masih controversial, sebagian ahli menyebutkan bahwa orang yang makan dalam jumlah sedikit dengan frekuensi 4-5 kali sehari memiliki kadar kolesterol dan kadar gula darah lebih rendah jika dibandingkan denagn mereka yang frekuensi makannya kurang dari itu
5.    Metabolism yang lambat
Perempuan memiliki massa otot yang lebih kecil dari laki-laki. Otot membakar kalori lebih banyak dari jaringan tubuh yang lain, sehingga metabolisme pada perempuan jauh lebih lambat dari pada laki-laki. Hal ini akan menyebabkan perempuan cenderung lebih mudah gemuk daripada laki-laki.
6.    Kurangnya aktifitas fisik
Orang yang aktif beraktifitas, olahraga, akan membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang bermalas-malasan atau kurang aktifitas gerak.
7.    Obat-obatan
Beberapa obat yang berhubungan dengan penambahan berat badan : obat anti depresi, obat anti kejang, obat-obatan diabetes, kontrasepsi oral, obat-obatan kortikosteroid dan beberapa obat penurun tekanan darah.
8.    Factor psikologis
9.    Penyakit
Hipoteroid, resistensi insulin, PCO, dan sindroma cushing.
Beberapa factor lain yang berhubungan dengan kegemukan selain beberapa hal di atas :
1.    Ras. Orang kulit hitam da orang hispanik cenderung lebih mudah gemuk jika dibandingkan dengan orang kaukasian  dan asia.
2.    Berat badan saat anak-anak. Kegemukan pada masa anak-anak dan remaja juga mempengaruhi terjadinya kegemukan pada usia dewasa
3.    Hormon. Perempuan lebih mudah gemuk terutama saat hamil, menopause dan saat mengkonsumsi kontrasepsi oral.

OBESITAS DAN PERMASALAHANNYA | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *