ORACLE Memperkenalkan jajaran baru Mikroprosesor SPARC

 

Baru-baru ini Oracle memperkenalkan jajaran baru server yang menggunakan chip T4 dari kelas Mikroperosesor SPARC termasuk Supercluster SPARC. Mikroprosesor T4 memiliki kinerja lima kali lebih cepat dari generasi sebelumnya yaitu T3. Dengan teknologi Dynamic Threading, memungkinkan T4 beradaptasi dengan jenis semua beban kerja.

Mikroprosesor yang diperkenalkan mampu bekerja dengan baik pada lalu lintas Single-Threaded maupun Multi-Traded. T4 dengan Dynamic Treading mampu mengatasi kedua jenis beban menjadi lebih mudah karena setiap node T4 dilengkapi dengan delapan core dan memiliki 64 thread per CPU dengan frekuensi berkisar dari 2,85 GHz sampai 3,0 GHz untuk teknologi proses 40nm.

Saat ini Oracle  telah memiliki mikroprosesor T3 yang terinstal di sistem.  Menurut Oracle, segala sesuatunya telah dipersiapkan dengan baik untuk pengembngan ke T4, ini adalah sebuah awal dari masa depan yang baik bagi prosesor SPARC di Oracle.

Berikut adalah beberapa model Mikroprosesor T4 untuk  SPARC Server Line :

T4-1 SPARC Server (harga: $ 16.000) :
Model (Low-end) ini disarankan untuk aplikasi Web, middleware, pengembangan aplikasi, database, aplikasi OLTP dan Oracle, seperti JD Edwards dan WebLogic.  T4-1 mempunyai satu chip dengan 8 core 2,85 GHz, 128K L2chace dan 4MB L3 chace.  Prosesor ini mampu mendukung hingga 256 GB RAM bila semua core-nya aktif, mendukung 64 mesin virtual (VMs) dan ribuan Solaris Containers dalam satu kotak. Dilengkapi dengan Solaris 11 pra-instal, Prosesor yang terintegrasi dengan teknologi on-chip kriptografi ini mampu memberikan kecepatan dan ruang untuk delapan hard drive atau SSD.

Tersedia juga modul T4-1B SPARC Server yang cocok dengan Blade Sun Chassis.

T4-2 SPARC Server :
Dalam banyak hal, SPARC T4-2 mirip dengan T4-1, kecuali T4-2 memiliki dua soket dan mendukung sampai 512 GB RAM. Selain itu terdapat fitur tambahan Lights Out Manajemen dan Oracle Enterprise Manager Ops Center untuk manajemen sistem.

T4-4 SPARC Server (harga: $ 467.856)
Prosesor ini dilengkapi dengan empat socket, masing-masing dengan 8-core 3,0 GHz dengan L2 cache per core untuk 128K dan 4 MB cache L3. T4-4 memiliki sistem maksimal 1 TB RAM dan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan dan semua fitur-fitur lainnya yang disebutkan di atas.

T4-4 SPARC superkluster :
supercluster merupakan hasil pengembangan rekayasa dari sistem sebelumnya yaitu Oracle Database Machine Exadata X2-2 dan X2-8 sistem dan Oracle Exalogic Elastic Cloud. Prosesor ini menggunakan arsitektur hardware dan software dengan sistem paralel yang ekstrim untuk memberikan performa yang ekstrim, skalabilitas yang mudah dan toleransi kesalahan yang sangat minim.

Menurut SPECjAppServer2004 (Java Application Server) yaitu patokan multi-tier untuk mengukur kinerja Java 2 Enterprise Edition (J2EE) yang berbasis teknologi aplikasi server, SPARC supercluster adalah porosesor yang terbaik dibandingkan dengan teknologi dari IBM dan HP. superkluster memberikan kinerja dua kali lebih cepat dalam menjalankan Sistem berbasis database dan Sistem aplikasi perusahaan serta setengah biaya lebih murah dari prosesor lain di kelasnya seperti IBM Power7 dan  HP Superdome 2 sistem.

ORACLE Memperkenalkan jajaran baru Mikroprosesor SPARC | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *