Pemilihan Strategi

Jauch dan Glueck (1998; 281) menjelaskan, bahwa pemilihan strategi adalah proses pembuatan keputusan untuk memilih dari sejumlah alternatif strategi utama sebagai strategi terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Keputusan pemilihan strategi dibuat dengan mempertimbangkan empat faktor pemilihan manajemen :

  1. Persepsi manajemen tentang ketergantungan eksternal.

Makin besar ketergantungan perusahaan terhadap pihak eksternal, makin kecil ragam dan fleksibilitasnya dalam pemilihan strategi.

  1. Sikap manajemen terhadap resiko.

Jika manajemen menyukai resiko, kisaran pilihan strategis bertambah luas dan strategi resiko tinggi dapat diterima dan disukai. Begitu pula sebaliknya.

  1. Kesadaran manajemen tentang strategi perusahaan di masa lalu.

Kadangkala penerapan strategi lama telah menghabiskan banyak waktu, sumber daya dan perhatian, sehingga secara logis mereka akan lebih nyaman dengan pilihan serupa atau dengan hanya perubahan sedikit.

  1. Hubungan kekuasaan

Penggunaan kekuasaan untuk mendesakkan kepentingan kelompok merupakan hal yang lazim dalam kehidupan berorganisasi. Terkadang keputusan-keputusan strategik dalam organisasi bisnis seringkali diambil berdasarkan kekuasaan, bukan melalui prosedur maksimasi analitik.

Pemilihan Strategi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *