Pendayagunaan Software Open Source : CMS, CRM dan ERP

Content Management System (CMS)

CMS adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua  elemen:

  • aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
  • aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Terdapat banyak sekali CMS di dunia open source saat ini, beberapa diantaranya yang cukup populer dan memiliki fitur yang lengkap adalah Drupal, Joomla dan Xoops. Masing-masing memiliki ke khasan dan kekayaan modul tersendiri.

Tentang Drupal
Drupal adalah nama salah satu CMS yang populer di dunia open source saat ini. Seperti kebanyakan CMS, dengan menggunakan Drupal akan jauh lebih memudahkan dalam mempublikasikan dan mengelola serta mengorganisasikan
situs kita (website) untuk berbagai tujuan. Sudah lebih dari sepuluh ribu orang dan organisasi telah menggunakan Drupal untuk berbagai keperluan.

Penggunaannya antara lain sebagai :

  • Web Portal Komunikasi dan Situs diskusi
  • Situs web perusahaan ataupun intranet portal
  • Aplikasi-aplikasi Ecommerce
  • Situs Web pribadi
  • Direktori sumber daya
  • Dan lain sebagainya

Drupal memiliki berbagai fitur yang dapat terhubung antara satu fitur dengan lainnya seperti :

  • Blogs
  • Lingkungan penulisan secara kolaborasi
  • Sistem Pengelolaan Isi (Content Management System/CMS)
  • Unggah (upload) dan unduh (download) File
  • Forum
  • Newsletter
  • Galeri gambar
  • dan sebagainya

Lisensi Drupal
Drupal adalah software yang berlisensi GPL (GNU Public License), dan terus dipeliharan hingga kini serta dikembangkan oleh komunitas yang terdiri dari ribuan pengguna dan pengembang. Drupal bebas diunduh dan digunakan.

Tentang Joomla
Pada tahun 2006, Joomla memenangkan contest software Content Management System. Karena itu tidak mengherankan kalau Joomla sangat populer. Joomla dikembangkan oleh para pengembang yang dulunya ikut membangun CMS Mambo. Mereka keluar dari tim pengembang Mambo pada Agustus 2005, dan akhirnya mengeluarkan rilis pertama Joomla yaitu rilis 1.0. Rilis ini sangat mirip dengan Mambo versi 4.5.2.

Tentang XOOPS
XOOPS adalah singkatan dari “eXtensible Object Oriented Portal System”. Dikembangkan dengan menggunakan PHP, XOOPS bertujuan agar siapapun
dapat mengadministrasi website dinamisnya dengan lebih mudah. XOOPS menjadi alat yang ideal bagi situs web komunitas, portal internal perusahaan, portal korporasi, weblogs dan sebagainya. XOOPS dapat dipasang dan Internet yang mendukung PHP, web server Apache dan database MySQL.

Customer Relationship Management (CRM)

Tentang SugarCRM
SugarCRM adalah pemimpin penyedia aplikasi komersial kelas dunia untuk aplikasi manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management/CRM) dan yang terbaik di lingkungan Open Source. SugarCRM dapat digunakan oleh berbagai ukuran perusahaan, dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Dalam pengembangannya SugarCRM melibatkan banyak narasumber dari mulai operator pengguna aplikasi CRM, para pelanggan, pengembang, dan para Ahli yang menyatukan kebutuhannya, opini, serta pengalaman kedalam solusi SugarCRM. SugarCRM dapat dengan mudah beradaptasi pada berbagai lingkungan bisnis dengan menawarkan banyak fleksibilitas, alternatif biaya yang murah, hingga ke solusi propertiary atau berbayar. Arsitektur Open Source SugarCRM memungkinkan setiap perusahaan dengan mudah mengubah atau menyesuaikan dan mengintegrasikan bisnis proses pelanggan demi mencapai tujuan membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang lebih menguntungkan.

 

Enterprise Resource Planning (ERP)

Tentang Compiere ERP
Compiere adalah software Enterprise Resource Planning (ERP) yang open source. Aplikasiaplikasi ERP biasanya akan memiliki modul-modul seperti Pemasaran dan Penjualan, Bidang Layanan, Produksi, Pendalian Inventori, Pengadaan, Distribusi, Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), Keuangan dan Akunting. Compiere memang tidak dirancang untuk perusahaan yang sangat besar, tetapi sangat cocok untuk perusahaan kecil dan menengah (UKM) dan yang penting adalah mudah untuk di pasang/install. Pada awalnya Compiere hanya menggunakan database Oracle, tetapi saat ini Anda sudah dapat menggunakan database selain Oracle seperti PostgreSQL. Pada dokumen ini, instalasi database difokuskan menggunakan Oracle 10g xe. Selain itu pula software Java seharusnya sudah terpasang di server Anda.

Instalasi dan Menjalankan Compiere meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1. Menginstall database
2. Menginstall JDK
3. Mengunduh dan mengekstrak Compiere
4. Persiapan instalasi Server
5. Pengaturan Database (import dan setup databae Oracle untuk Compiere)
6. Memulai Server
7. Mensetup klien
8. Memulai klien (nama user dan password)

Pendayagunaan Software Open Source : CMS, CRM dan ERP | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *