Pendidikan dan Pengetahuan Ibu

Pendidikan dan Pengetahuan Ibu

 

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat diperlukan untuk pengembangan diri. Semakin tinggi pendidikan, semakin mudah menerima serta mengembangkan pengetahuan dan teknologi, dan semakin meningkat produktivitas, serta semakin meningkat kesejahteraan keluarga.

 

Suatu model hubungan antara pendidikan dan status gizi anak dikemukakan oleh Leslie (1985) bahwa pendidikan ibu akan mempengaruhi pengetahuan mengenai praktek kesehatan dan gizi anak sehingga anak berada dalam keadaan status gizi yang baik. Hubungan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :

 

 

 

 

Pendidikan Ibu


Pengetahuan mengenai praktek kesehatan dan gizi anak


 

Status Gizi

Anak

 

 

Gambar 3  Hubungan Antara Pendidikan dan Status Gizi

Sumber : Leslie (1985)

 

 

 

Makin tinggi pendidikan orang tua, makin baik status gizi anaknya. Anak- anak   dari   ibu   mempunyai   latar   belakang   pendidikan   lebih   tinggi   akan mendapatkan kesempatan hidup serta tumbuh lebih baik, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Bangladesh menunjukkan bahwa pendidikan berpengaruh positif terbadap asupan protein pada anak-anak pra sekolah, terutama anak yang berusia muda (tahun pertama kehidupannya).  Tingkat pendidikan ibu berpengaruh   terhadap   tingkat   pengertiannya   terhadap   perawatan   kesehatan, higiene, serta kesadarannya  terhadap kesehatan anak-anak dan keluarganya.  Ibu yang berpendidikan rendah memiliki akses yang lebih sedikit terhadap informasi dan keterampilan yang terbatas untuk menggunakan informasi tersebut, sehingga mempengaruhi           kemampuan ibu            dalam          merawat anak-anak      mereka                           dan melindunginya dari gangguan kesehatan.

 

 

Pendidikan dan Pengetahuan Ibu | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *