Pengertian Arsip dan Kearsipan

Pada zaman dahulu orang Inggris yang bekerja pada suatu instansi atau organisasi menyatukan arsip atau warkat dengan menggunakan tali dan benang, maka dari itu arsip sendiri berasal dari bahasa Inggris dengan istilah “file” yang berasal dari kata “filum” yang memiliki arti tali dan benang.

Dalam menjalankan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan perkantoran, perusahaan sangat memerlukan data yang lengkap sebagai sumber informasi dan juga dapat menunjang pekerjaan tersebut.  Data itu disebut dengan arsip yang memuat berbagai macam informasi yang berkenaan dengan perusahaan.

Kata Arsip berasal dari bahasa Yunani “Arche” yang memiliki definisi yaitu:  fungsi atau kekuasaan hukum dan kemudian arti arsip sendiri dalam bahasa Inggris “Archives” yang memiliki definisi yaitu: tempat atau dokumen.  Dengan demikian definisi tentang “Archives” ini dikemukakan oleh Schllenberg sebagai

kumpulan surat-surat atau dokumen-dokumen sedangkan “Archeval Institution”, diartikan sebagai Kearsipan.

Untuk memperjelas definisi arsip itu sendiri, maka penulis menyajikan tentang definisi  arsip Ig Wusanto yaitu:

 

 

 

 

 

Pengertian dari arsip ialah:

“ Segala kertas naskah, buku, foto, film, microfilm, rekaman suara, gambar peta, bagan atau dokumen-dokumen lain dalam segala cara penciptaannya, dan yang dihasilkan atau diterima oleh suatu badan, sebagai bukti atas tujuan, organisasi fungsi-fungsi, kebijaksanaan-kebijaksanaan, keputusan-keputusan, prosedur-prosedur, pekerjaan-pekerjaan, atau kegiatan-kegiatan pemerintah yang lain, atau karena pentingnya informasi yang terkandung didalamnya”. 3)

 

Pengertian dari kearsipan adalah:

“Tata cara pengurusan penyimpanan warkat, menurut aturan dan prosedur yang berlaku dengan mengingat tiga unsur pokok yang meliputi penyimpanan, penempatan dan penemuan kembali”. 4)

Pengertian arsip menurut Drs. Sutarto yaitu:  “Arsip adalah sekumpulan warkat yang memiliki nilai guna tertentu yang disimpan secara sistematis dan setiap saat diperlukan dapat ditemukan kembali dengan cepat”. 5)

Sedangkan perngertian warkat ialah:  Setiap catatan tertulis, bergambar atau terekam yang berisi keterangan tentang suatu peristiwa atau hal-hal yang dibuat untuk membantu ingatan”

Pengertian Arsip dan Kearsipan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *