PENGERTIAN BAHASA DAN ILMU BAHASA

 

 
 

 
 

PENGERTIAN BAHASA DAN ILMU BAHASA

 
 
 
A.   Pengertian Bahasa
a.     Sumber: Silabus, Hand out, dan Media Pembelajaran Linguistik Umum oleh Drs. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum.
1.      Bahasa adalah suatu lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota kelompok social untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentivikasi diri.
 
2.      Bahasa adalah suatu system yang bersifat sistematis dan sistemis.
 
b.     Sumber: Linguistik Umum oleh Drs. I.G.N. Oka dan Dr. Suparno.
Bahasa adalah system lambang bunyi oral yang arbitraryang digunakan oleh sekelompok manusia (masyarakat) sebagai alat berkomunikasi atau berinteraksi.
 
c.      Sumber : Pengantar Linguistik Untuk Guru Bahasa oleh Syahwin Nikelas.
1.      Bahasa adalah system dari lambang bunyi yang arbiteryang digunakan oleh para anggota masyarakat pemakai bahasa untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengidentivikasi diri.
2.      Bahasa adalah bahagian dari kebudayaan dan bahagian dari perbuatan, tingkah laku manusia.
3.      Bahasa mempunyai aturan-aturan tertentu, baik aturan ucapan bunyi, bentuk kata-kata dan susunan dari kalimat, serta perangkat penyerta seperti tekanan, intonasi, dan lain-lain, dan merupakan fenomena perorangan dan juga kelompok.
4.      Bahasa itu berubah yang selalu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pemakai bahasa.
5.      Bahasa itu beragam secara sistematik dari individu ke individu, area ke area, dan situasi lainnya, dan berbeda dari bahasa ke bahasa lainnya.
6.      Bahasa adalah ujaran yang diucapkan secara lisan, verbal, yang arbiter.
7.      Bahasa adalah cara atau metoda yang mengomunikasikan pendapat, emosi, dan keinginan dari manusia yang bukan in-stinktif dengan menggunakan tanda atau symbol-simbol tertentu. (Sapir 1921 : 8)
8.      Bahasa adalah suatu system dari lambang vocal yangarbiter dan dengan lambang-lambang ini kelompok social berkomunikasi. (Bloch & Trager 1942 : 5).
9.       Bahasa merupakan kegiatan dari sekelompok social dimana manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan menggunakan symbol-simbol yang dapat didengar dan diucapkan. (Hail 1968 : 158).
10. Bahasa adalah sebuah sistem dari simbol vokal yangarbiter yang memungkinkan semua orang dari suatu kelompok sosial tertentu, atau orang lain yang sudah mempelajari bahasa tersebut berkomunikasi atau berinteraksi. (Finicchiaro 1974 : 3).
11. Bahasa adalah sebuah system dari symbol vocal yangarbiter digunakan manusia untuk berkomunikasi. (Wardhaugh 1972 : 3).
12. Bahasa merupakan suatu cara yang sistematik untuk mengomunikasikan pendapat atau perasaan dengan menggunakan tanda-tanda bunyi, isyarat, atau cirri-ciri yang konvensional yang mengandung makna. (Webster’s New Collegiate Dictionary 1981 : 641).
13. Bahasa merupakan system symbol yang terstruktur, personal, yang mengunakan benda-benda, kejadian-kejadian, dan hubungan-hubungan yang ada di alam ini. (Devito 1970 :7).
14. Bahasa merupakan seperangkat kalimat, masing-masing tertentu panjangnya dan disusun dari seperangkat unsure-unsur yang tertentu pula. (Chomsky 1957 : 13).
 
 
B.   Pengertian Ilmu Bahasa (Linguistik)
a.     Sumber: Silabus, Hand out, dan Media Pembelajaran Linguistik Umum oleh Drs. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum.
Ilmu Bahasa(linguistik) adalah ilmu tentang bahasa atau ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya, atau lebih tepat lagi telaah ilmiah mengenai bahasa manusia.
 
b.    Sumber: Linguistik Umum oleh Drs. I.G.N. Oka dan Dr. Suparno.
Linguistic adalah ilmu yang mengadakan telaah terhadap bahasa.
 
c.      Sumber : Pengantar Linguistik Untuk Guru Bahasa oleh Syahwin Nikelas.
1.     Linguistik adalah ilmu tentang bahasa, yang menelaah misalnya tentang struktur bahasa, pemerolehan bahasa, dan tentang hubungannya dengan bentuk-bentuk lain dari komunikasi. (Oxford Advenced Learner’s Dictionary, 1980 : 494).
2.     Linguistik  adalah studi tentang ujaran manusia termasuk unit-unitnya, hakekat bahasa, stuktur dan perubahan-perubahan dari bahasa. (Webster’s New Collegiate Dictionary, 1981 : 664).
3.     Linguistik adalah ilmu bahasa atau boleh didevinisikan sebagai studi ilmiah tentang bahasa. (Lyons, 1981 : 37).
4.     Linguistik mempunyai bahasan utama yaitu bahasa yang dikaji dari sudut pandangan bahasa dan untuk bahasa itu sendiri. (Allen and Corder, ed 1975 : 18).
5.     Linguistik adalah sebuah ilmu yang mendeskripsi dan membuat klasifikasi bahasa. (Lado, 1964 : 18).
6.     Linguistik merupakan bagian dari ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. (Lehman, 1972 : 4).
 
 
 

 

 

 

4 komentar:

  1.  
     
     
  2.  

    Terimakasih atas posting yang anda paparkan. kami mendapat khasanah baru dari anda. salam ilmu bahasa

    Balas

     
     
  3.  

    Menarik sekali, menjadi tambahan khasanah bagi kami yang sama sama bergerak di bidang ilmu bahasa. Terimakasih dan salam

    Balas

     
     
  4.  

    Kami sangat terbantu dg artikel anda. Terimakasih

    Balas

     
     
Tambahkan komentar
 
 

 

 

 
 

 

 

 

 
PENGERTIAN BAHASA DAN ILMU BAHASA | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *