Pengertian Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang dapat dikendalikan, yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi, yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaran (Kotler, 1997:82).

Menurut Alma (1998:158) bauran pemasaran merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil paling memuaskan.

Selanjutnya Yazid (1999:20) menegaskan bahwa bauran pemasaran adalah semua variabel yang bisa dikontrol perusahaan dalam komunikasinya dengan dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen sasaran.

Walaupun ramuan pemasaran terdiri dari banyak variabel, namun variabel-variabel tersebut dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok penting. Elemen-elemen bauran pemasaran terdiri dari semua variabel yang bisa dikontrol perusahaan dalam komunikasinya dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen sasaran. Bauran pemasaran sebagaimana sudah kita kenal dengan sebutan “empat P” yaitu: product, price, place, dan promotion (produk, harga, tempat, dan promosi), unsur-unsur “empat P” inilah yang dikombinasikan dalam bauran pemasaran (marketing mix).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran adalah satu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan untuk mencapai tujuan perusahaan, misalnya mencapai laba, ROI, peningkatan target penjualan, menguasai pasar, dan sebagainya.

Perusahaan dalam menetapkan bauran pemasaran harus berpegang pada prinsip ekonomi, yaitu: “dengan pengorbanan tertentu ingin mendapat hasil yang sebesar-besarnya”, maka dalam menetapkan bauran pemasaran, dalam arti untuk mencapai target penjualan tertentu, perusahaan harus mengkombinasikan unsur-unsur  bauran pemasaran dengan sebaik-baiknya.

Pengertian Bauran Pemasaran | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *