Pengertian Budget

Sebelum melangkah untuk menguraikan tentang pengertian budget kas, maka perlu dikemukakan tentang pengertian budgeting itu sendiri.

Budgeting merupakan suatu fungsi planning dalam manajemen keuangan. Kegunaan dari analisas finansial adalah melihat keadaaan kerugian perusahaan pada masa lampau, akan diperoleh suatu pengalaman yang berharga untuk menentukan tindakan di masa yang akan datang. Tindakan dan kebijaksanaan untuk masa yang akan datang tersebut dalam manajemen terdapat pada fungsi planning, sedangkan pada manajemen keuangan fungsi itu terdapat pada budgeting.

Budgeting menunjukkan suatu proses, dari tadi tahap persiapan yang diperlukan sebelum dimulainya penyusunan rencana, pengumpulan data, dan informasi yang diperlukan, pembagian tugas penyusunan perencanaan, penyusunana rencana itu sendiri, implementasi dari rencana tersebut, sampai pada akhirnya tahap pengawasan dan evaluasi dari hasil perencanaan itu.

Definisi Budget menurut Reksohadiprojo (1983:17) adalah bahwa budget merupakan suatu forecast yang detail daripada hasil rencana kegiatan (perusahaan) yang didasarkan pada penghargaan yang beralasan tentang keefisienan usaha (perusahaan).

Jelaslah bahwa suatu bahan untuk membuat budget adalah dengan melihat keadaan keuangan perusahaan di masa lampau. Detail tidaknya sebuah budget dibuat tergantung pada besar kecilnya perusahaan dan kompleksnya operasi perusahaan. Hal ini berarti bahwa makin kecil dan sederhana perusahaan, makin sederhana pula budget yang dibuat. Sedangkan perusahaan yang lebih besar dan kompleks, budget yang dibuat harus lebih lengkap dan detail.

Mengenai periode budget ini, terdapat dua macam periode, yaitu  periode budget dan continous budget. Periode budget dibuat dengan mempergunakan periode tertentu, hal ini dimungkikan bagi perusahaan di mana peramalan untuk masa yang akan datang relatif bisa dilakukan dengan baik. Sebaliknya, untuk perusahaan di mana peramalan sulit dilaksanakan dengan kepastian yang tinggi, maka dapat dipergunakan continous budgeting. Metode ini dilakukan dengan cara membuat budget untuk periode yang pendek, misalnya dibuat tengah tahunan, suatu kuartal, ataupun tiap bulan.

Adapun jangka waktu budget tidak boleh telalu panjang, sebab ramalan jangka waktu yang terlalu panjang akan makin banyak terdapat unsur ketidakpastian. (Uncertainty).

Pengertian Budget | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *