Pengertian dan Manfaat Harga Pokok Produksi

Menurut Mulyadi (1999:10) bahwa harga pokok merupakan pengertian biaya dalam arti sempit, yaitu sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva.

Pengertian harga pokok produk menurut Harnanto (1992:204) adalah biaya produksi yang dianggap melekat kepada setiap unit produknya. Harga pokok produk merupakan unit pengukur yang seragam dan bersifat universal, karena dinyatakan untuk setiap satuan output yang dihasilkan oleh perusahaan dari waktu ke waktu.

 

Supriyono (1992:36) berpendapat mengenai pengertian harga pokok produksi adalah aktiva atau jasa yang dikorbankan atau diserahkan dalam proses produksi (yang meliputi bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik) membentuk harga pokok produksi.

Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa harga pokok produksi adalah jumlah yang dapat diukur dalam satuan uang atau nilai jasa yang dikorbankan atau diserahkan dalam proses produksi.

Menurut Mulyadi (1999:71), informasi harga pokok produksi yang dihitung untuk jangka  waktu tertentu bermanfaat bagi manajemen untuk:

a. Menentukan harga jual produk

b. Memantau realisasi biaya produksi

c. Menghitung laba atau rugi periodik

d. Menentukan harga pokok persediaan produk jadi dan produk dalam proses yang disajikan dalam neraca.

Pengertian dan Manfaat Harga Pokok Produksi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *