Pengertian Likuiditas

Likuiditas dari kata Liquid  yang artinya cair, yakni cairnya aktiva tunai menjadi uang tunai.

            Riyanto (1995:25) mengemukakan : “Likuiditas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban yang segera harus dipenuhi”.

Jumlah alat-alat likuid yang dimiliki oleh perusahaan pada saat tertentu merupakan kekuatan membayar dari perusahaan yang bersangkutan. Sedangkan apabila kekuatan membayar sedemikian besar sehingga dapat memenuhi semua kewajiban finansialnya, maka hal ini merupakan kemampuan membayar.

Jadi, bila suatu perusahaan mempunyai kekuatan membayar dikatakan bahwa perusahaan tersebut adalah likuid, dan sebaliknya bila tidak mempunyai kemampuan membayar maka perusahaan tersebut akan dilikuid.

Nitisemito (1984:33) mengatakan : “ Likuiditas yaitu kemampuan membayar suatu perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajibannya yang segera harus dibayar”.

Adapun jenis dari likuiditas menurut pendapat Riyanto (1995:26) adalah :

  • Apabila kemampuan membayar tersebut dihubungkan dengan kewajiban kepada pihak luar (kreditur) dinamakan likuiditas badan usaha.
  • Apabila kemampuan membayar dihubungkan dengan kewajiban finansial untuk menyelenggarakan proses produksi maka dinamakan likuiditas perusahaan.
Pengertian Likuiditas | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *