Pengertian Manajemen Personalia

“Seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian juga diartikan sebagai pengarahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan fungsi-fungsi pengadaan atau penarikan pengembangan pemberian kompensasi, pengintegrasian, dan pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud membantu kearah tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan atau individu diri para pekerja dan masyarakat”.

Manajemen Personalia ini memiliki tujuan pokok yang sangat penting yaitu:  melakukan perbaikan efektivitas sumber daya manusia    yang ada dalam perusahaan atau organisasi. Dalam ruang lingkup Manajemen Personalia memiliki seorang atasan yang disebut dengan Manajer Personalia.  Manajer Personalia merupakan seorang yang memiliki tanggungjawab fungsional terhadap upaya mempertahankan dan memperbaiki hubungan antar bawahan,  atasan, dan para karyawan.

Fungsi-fungsi dasar bersifat umum dalam bagian Manajemen Personalia antara lain:

–          Perencanaan

–          Pengorganisasian

–          Membina atau mengarahkan atau memimpin

–          Mengawasi

Pengertian Manajemen Personalia | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *