Pengertian Narkotika

  1. 1.      Pengertian Narkotika

Narkotika atau obat bius yang bahasa inggrisnya disebut narcotic adalah semua bahan obat yang mempunyai efek kerja pada umumnya bersifat:

–          Membius (menurunkan kesadaran);

–          Merangsang (meningkatkan semangat kegiatan atau aktifitas);

–          Ketagihan (ketergantunga, mengikat, dependence);

–          Menimbulkan daya berkhayal (halusinasi).[1]

Zat ini digolongkan menjadi dua macam, yaitu narkotika dalam arti sempit dan narkotika dalam arti luas. Narkotika dalam arti sempit bersifat alami, yaitu semua bahan obat opiaten, cocain, dan ganja. Sedangkan narkotika dalam art luas bersifat alami dan syntethis, yaitu semua bahan obat-obatan yang berasal dari:[2]

  • Papaver somniverum (opium atau candu, morphine, heroine, dan sebagainya);
  • Eryth Roxylon coca (cocaine);
  • Cannabis Sativa (ganja, hasyisy);
  • Golongan obat-obatan deppresants (obat-obatan penenang);
  • Golongan obat-obatan stimulants (obat-obatan perangsang);
  • Golongan obat-obatan hallucinogen (obat pemicu khayal).

Dan ada beberapa Definisi tentang narkoba antara lain :[3]

A.   Definisi Secara Etimologi

Narkotika (Psikotropika) dalam istilah bahasa arab disebut Mukhaddirat. Maknanya menunjukkan kepada sesuatu yang terselubung, kegelapan atau kelemahan. Mukaddirat dalam literatur bahasa Arab, dapatlah kita ketahui bahwa narkoba adalah segala sesuatu yang dapat menimbulkan rasa malas, lesu dan lemah pada tubuh akibat pemakaiannya.

 

B.    Definisi Secara Literal

Narkotika adalah sejenis tumbuh-tumbuhan atau bahan-bahan kimia yang dapat mempengaruhi fungsi akal dan anggota tubuh pemakainya. Tubuh si pemakai akan menjadi lemas dan lemah tidak bertenaga, aktifitas tubuhnya menjadi lumpuh, hilang ingatan seperti orang mabuk, hanya saja tidak menggelepar sebagaimana umumnya terjadi pada orang yang mabuk.

 C.   Definisi Menurut Istilah Kedokteran

Yaitu sejenis obat-obatan bersifat natural maupun sintetis yang mengandung berbagai unsur kimia yang berfungsi sebagai penenang atau perangsang.

D.   Definisi Dalam Tinjauan Ilmiah

Yaitu sejenis obat-obatan dari bahan-bahan kimia yang dapat membangkitkan rasa kantuk atau membuat si pemakai tertidur dan membuatnya hilang kesadaran disertai hilangnya rasa sakit. Obat bius itu adalah istilah khusus bagi “narkotic” yang berasal dari bahasa latin, yaitu “narkosis” artinya ialah sesuatu yang membius atau yang menyebabkan pemakainya terbius.

E.    Definisi Menurut Undang-Undang

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam undang-undang atau yang kemudian ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kesehatan.

 



[1] Masrul Sudiro, Islam Melawan Narkoba, Yogyakarta: Pustaka Hikmah, 2000, hal. 13

[2] Mashuri Sudiro, Islam Melawan Narkoba, Yogyakarta: Pustaka Hikmah, 2000, hal. 13

[3] Ibid, hal. 4-5

Pengertian Narkotika | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *