Pengertian Organisasi

Di dalam usaha untuk mencapai tujuan tertentu maka manusia harus bekerja sama dengan pihak lainnya yaitu dengan beroarganisasi. Dengan adanya organisasi mengakibatkan adanya pembagian kerja antara kelompok orang-orang yang bekerja sama.

Dalam organisasi yang kecil, pembagian kerjanya tidak begitu terlihat, tapi seblaiknya pada organisasi yang benar nampak jelas pembagian kerjanya dalam  struktur oleh sebab  itu  dalam struktur organisasi harus secara jelas  tercermin adanya pembagian kerja.

Dengan demikian kegiatan-kegiatan di dalam organisasi dengan berjalan sebagimana mestinya guna mewujudkan tujuan yang hendak dicapai. Pendapat yang mengemukakan pengertian organisasi antara lain:

Pendapat (Sondang P. Siagian, 1986) :

“Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasa sama untuk mencapai  suatu tujuan bersama dan terikat secara formal  dalam suatu ikatan hirarki dimana sellau terdapat hubungan antara seseorang atau sekelompok  orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.”

Sedangkan menurut (James L. Gibson, 1991) :

“ Organisasi adalah kesatuan yang memungkinan masyarakat mencapai tujuan yang tidak dapat  dicapai individu secara perorangan.”

Menurut (Leonard D White, 1979) memberikan 2 pengertian yaitu :

a)      Organisasi adalah pola hubungan yang ditetapkan secara formil oleh hukum  dan top manajemen  (organisasi formil)

b)      Organisasi adala  sejumlah tata hubungan kerjasama antara sejumlah orang dalam suatu jangka waku yang panjang (organisasi informal).

Dari definisi atau pengertian yang telah  penulis kemukakan di atas, dapatlah diambil kesimpulan bahwa unsur-usnur dasar daripada organisasi adalah :

  1. Adanya dua orang atau lebih.
  2. Adanya maksud untuk berkerja sama
  3. Adanya pengauran hubungan
  4. Adanya tujuan yang hendak dicapai

Berdasarkan unsur-unsur dasar di atas maka organisasi pada pokoknya adalah sekelompok manusia, dengan sengaja dipesatukan dalam suatu kerjasama yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan  

Dari uraian ini ada tiga unsur yang menonjol yaitu :

  1. Organisasi bukanlah suatu tujuan melainkan suatu alat untuk mencapai tujuan
  2. Organisasi adalah wadah serta proses kerja sama dari   sejumlah manusia yang terikat hubungan formal.
  3. Dengan adanya organisasi, bukan berarti manusia tergantung pada orang lain akan tetapi dengan adanya keterlibatan orang lain mempunyai manfaat  yang lebih positif yaitu dapat mempermudah usaha manusia dalam mencapai tujuan.
Pengertian Organisasi | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *