Pengertian Strategi Pembelajaran Agama Islam

Strategi adalah suatu upaya dan usaha dalam mewujudkan suatu harapan dan tujuan. Strategi yang dimaksudkan di sini strategi yang spesifikasinya pada pendidikan atau pembelajaran pendidikan. Secara umum pengertian strategi yang dimaksud adalah sebagai cara guru dalam menyajikan isi pelajaran dalam lingkup pendidikan. Menurut Syaiful Bahri secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Pengertian tersebut jika dihubungkan dengan pembelajaran, strategi dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. (Bahri 2002: 5) Strategi juga diartikan sebagai pendekatan guru terhadap penggunaan informasi, pemilihan sumber-sumber dan merumuskan peranan para anak didik. Strategi meliputi praktek-praktek yang spesifik yang digunakan untuk mencapai tujuan mengajar

Strategi dalam pembelajaran adalah segala sesuatu yang berdayakan bagi seorang guru, bagi upaya suksesnya sebuah pembelajaran. (Mukhtar, 2003: 136). Model pembelajaran ialah rencana atau suatu pola pendekatan yang digunakan untuk mendesain pengajaran. Model mengajar mengandung strategi mengajar yaitu pola urutan kegiatan instruksional yang digunakan untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Sedangkan didalam strategi mengajar tedapat strategi instruksional dan ketrampilan teknis mengajar yang amat spesifik, seperti ketrampilan mengajukan pertanyaan mengkomunikasikan pengarahan, menstruktur mereaksi terhadap anak didik. (Direktoral Jenderal Pembinaan Kelembagaan PAI 1997:141) Sedangkan Muktar, 2003:136 dalam bukunya yang berjudul Desain Pembelajaran PAI menuliskan bahwa strtegi dalam pembelajaran adalah segala sesuatu yang berdayakan bagi seorang guru, bagi upaya suksesnya sebuah pembelajaran. Strategi sifatnya tidak langsung (indirect) bagi tercapainya atau suksesnya pembelajaran. Istilah lain kita kenal juga dengan metode. Perihal metode adalah bersifat langsung (direct) yang dilakukan oleh seorang guru dalam sebuah peristiwa pembelajaran.

Dalam rumusan lain, jika salah satu unsur dalam strategi itu dihilangkan maka akan berakibat tidak tercapainya tujuan pengajaran, terutama yang menyangkut hubungan yang erat sekali antara strategi mengajar dengan kegiatan belajar mengajar. Siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik jika guru telah menetapkan strategi yang sesuai denga bahan pelajaran yagn akan disampaikan. Siti Kusrini, menyimpulkan bahwa, strategi mengajar adalah “rencana dan cara mengajar yang akan dilakukan oleh guru dengan menetapkan langkah-langkah utama mengajar sesuai dengan tujuan pengajaran yang akan dicapai”. Dalam istilah umum istilah strategi mengajar dapat disejajarkan dengan metode mengajar atau model mengajar. (Kusrini 1995:3).

Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam adalah suatu cara atau pola umum yang dilakukan guru dengan menetapkan langkah-langkah utama yang harus ditempuh oleh guru dan siswa sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam.

Pengertian Strategi Pembelajaran Agama Islam | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *