Pengertian Supermarket

Dari beberapa pengertian dan klasifikasi mengenai retailing di atas, diketahui bahwa supermarket merupakan salah satu bentuk retailing semacam perusahaan atau industri, dalam hal ini industri jasa. Lebih lanjut akan dikemukakan definisi tentang supermarket. Menurut Stanton (1984), supermarket didefinisikan sebagai berikut :

“A supermarket is a retailing institution that has a moderately broad, moderately deep product assortment spanning groceries and some non food lines and offers relatively few customer service”.

Sedangkan menurut Mc.Carthy (1993), definisi supermarket adalah sebagai berikut :

“A supermarket is a large store specializing in groceries, with self service and wide assortments”.

Berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa supermarket adalah tipe jasa penjualan secara eceran yang berstruktur departemental dengan menyediakan berbagai macam barang dagangan (mencakup bahan makanan, minuman, dan beberapa lini produk non makanan) yang dioperasikan atas dasar swalayan dengan pelayanan sedikit mungkin kepada konsumen dan penawaran harganya menarik.

Pengertian Supermarket | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *