Pentingnya Saling Berkomentar Sesama Blogger

Pentingnya Saling Berkomentar Sesama BloggerSelamat pagi teman-teman semua, waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB pada saat saya menulis konten ini. Jadi tidak ada salahnya saya mengucapakan selamat pagi pada Anda dan yang sangat penting saya ucapakan banyak  terimakasih pada anda yang telah berkunjung diblog yang sangat sederhana ini, dan masih dalam tahap pembangunan. Oleh karena itu saran dan kritik saya harapkan dalam upaya untuk keberlangsungan pembangunan blog ini, tentunya saya masih harus banyak belajar menulis yang baik dan benar.

Kali ini saya akan membahas tentang komentar diblog. Salah satu hal yang harus ada dalam sebuah blog adalah kolom komentar. Kerena komentar adalah identitas yang membedakan antara blog dan website statis. Sehingga selayaknya kita memberikan komentar dibagian bawah website atau blog kita untuk memudahkan pengunjung berkontribusi ide, saran atau komunikasi langsung melalui media blog dengan pemilik blog.

Sebenarnya untuk peletakan komentar blog tidak harus dibagian bawah konten, namun ada alasan yang dapat diterima oleh nalar kita kenapa kebanyakan kolom komentar ditaruh dibagian bawah. Itu dikarenakan agar pengunjung memberikan komentar setelah membaca konten blog atau artikel secara menyeluruh bukan hanya sepotong-sepotong. Kalau seandainya komentar tersebut di taruh dibagian Kawatirnya mereka membaca blog kita hanya pada bagian judul saja. Ini akan menimbulkan adanya spamming diblog kita.

Disamping untuk berinteraksi komentar juga bisa menjadi media silaturahim anatar blogger. Tidak afdhal rasanya kalau kita mendapatkan komentar dari orang lain yang berkunjung ke website atau blog kita, lalu kita abaikan begitu saja tidak berkunjung balik keblog mereka. Inilah yang dimaksud media silaturahim, yaiut saling berkunjung dan berkomentar diblog yang dikunjungi. Dampak positif yang akan kita dapatkan ialah kita akan mendapatkan backlink dari blog tersebut kalau kita menamkan atau memperkenalkan tulisan blog kita pada kolom komentar dalam hal ini.

Komentar juga bisa menaikkan ranking sebuah blog dimesin pencarian misalnya saja pada search engine google. Pada blog saya yang lain, komentar yang diberikan oleh pengunjung juga terindex oleh google. Bukan hanya konten website itu sendiri yang terindex bahkan komentar pun akan terindex. Itulah yang menjadi keuntungan sebuah blog untuk menaikkan trafic kunjungan.

Satu lagi Padangan saya tentang kotak komentar kalau bisa jangan dipersulit agar pengunjung dengan mudah dan leluasa memberikan komentar. Beruntung sekali ada pengunjung yang mau berkomentar atau meluangkan waktunya menulis komentar, jadi janganlah dipersulit dengan formulir yang macam-macam, isi sana isi situ. Kalau saya pribadi menjumpai blog seperti itu saya akan mengabaikan untuk membaca blog tersebut. Hendanya tidak sombong ketika kita berblog. Toh kunjungan dan komentar ini sangat bermanfaat bagi kita.

Itulah teman diantara pentingnya kita salaing berkomentar pada sebuah blog. Budaya komentar harus kita berikan sebagai apresiasi, saran, kritik dana lain sebagainya. Sehingga kita bisa meningkatkan kwalitas blog dan memberikan konten yang berguna bagi pengunjung blog. Salam sukses.

Pentingnya Saling Berkomentar Sesama Blogger | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *