Peran PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru

Peran PTK Bagi Guru

 

Ada pertanyaan yang baik dari beberapa guru tentang PTK. Apa yang didapat guru  bila  melaksanakan  PTK?  Mengapa  PTK  dikembangkan?                                                        Pertanyaan tersebut, tentu ada pula dalam pikiran bapak/ibu. Pada saat ini PTK memang mendapatkan  perhatian  yang  cukup  besar  dalam  dunia  pendidikan,  karena hasil-hasil dari PTK dapat langsung dimanfaatkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas. Beberapa pakar penelitian memberikan alasan mengapa PTK penting untuk dilakukan guru di sekolah.

1.   PTK    menawarkan    suatu    cara    yang   baru    untuk    memperbaiki    dan meningkatkan kemampuan                         atau profesional     guru              dalam   kegiatan pembelajaran  kelas  (Suyanto,  1996).  Sedangkan  Cross  (dalam  Angelo,

1991) menyatakan bahwa hasil PTK dapat secara langsung dimanfaatkan untuk kepentingan kualitas kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan dapat meningkatkan wawasan pemahaman guru tentang pembelajaran.

2.   Dengan PTK guru dapat melakukan penelitian tentang masalah-masalah

 

aktual yang mereka hadapi untuk mata pelajaran yang diampunya. Guru langsung dapat melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran yang kurang berhasil agar menjadi lebih baik dan efektif.

3.  Pada saat melaksanakan PTK guru tidak meninggalkan tugasnya, artinya guru masih tetap melakukan kegiatan mengajar seperti biasa, dan pada saat yang bersamaan secara terintegrasi guru melaksanakan penelitian. Oleh  karena  itu  PTK  dapat  dikatakan  tidak  mengganggu  kelancaran kegiatan pembelajaran di dalam kelas (Kasihani, 1999).

4.  Mengingat permasalahan-permasalahan yang diteliti adalah permasalahan- permasalahan yang dirasakan dan dialami guru sendiri, maka PTK dapat menjadi jembatan kesenjangan antara teori dan praktek. Karena setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang sistematik mengenai kesesuaian  antara  teori  pembelajaran  dengan  praktek  yang  mereka lakukan. Guru akan mengetahui teori yang tidak sesuai (tidak tepat) dengan praktek yang mereka lakukan.   Selanjutnya guru dapat memilih

teori yang cocok dan dapat diterapkan di kelasnya.

 

Penelitian Tindakan Kelas di SD 9

 

Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika

 

5.   PTK  dapat  dilakukan  oleh  guru  bersama-sama  dengan  pihak  lain  yang terkait. Misal kolaborasi guru mata pelajaran sejenis, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan yang lain untuk secara bersama-sama mengkaji permasalahan yang ada, untuk kemudian merencanakan tindakan-tindakan agar permasalahan-permasalahan yang ada dapat segera dicarikan jalan keluarnya.

Peran PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *