Peranan Harga Pokok Produk Terhadap Harga Jual

Seperti telah dikemukakan di atas bahwa salah satu manfaat harga pokok produksi adalah untuk menentukan harga jual produk. Pada umumnya harga jual produk ditentukan oleh permintaan dan penawaran produk dipasar, sehingga biaya bukan merupakan penentu harga jual. Namun karena permintaan konsumen atas produk tidak mudah ditentukan oleh manajer penentu harga jual, maka dalam penentuan harga jual, manajer tersebut akan menghadapi banyaknya
ketidakpastian, misalnya selera konsumen, jumlah pesaing yang memasuki pasar, harga jual yang ditentukan oleh pesaing, dan sebagainya.

Menurut Mulyadi (1997:347) satu-satunya faktor yang memiliki kepastian relatif tinggi yang berpengaruh dalam penentuan harga jual adalah biaya. Oleh karena itu penentuan harga pokok produksi harus dilakukan dengan teliti dan tepat agar diperoleh harga jual yang tepat pula. Kesalahan penetapan harga jual akan berakibat fatal bagi perusahaan. Perusahaan akan mengalami kerugian dan dalam jangka waktu tertentu mengakibatkan perusahaan akan berhenti atau akan mengganggu pertumbuhan perusahaan.

Dengan demikian manajer penentu harga jual akan senantiasa memerlukan informasi biaya produksi dalam pengambilan keputusan penentu harga jual, meskipun biaya satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan dalam penentuan harga jual.

Peranan Harga Pokok Produk Terhadap Harga Jual | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *