PERBANDINGAN METODE PENAGAJARAN BAHASA ARAB

PERBANDINGAN  METODE PENAGAJARAN BAHASA ARAB

 

METODE

QAWA’ID TARJAMAH

(طريقة القواعد والترجمة)

LANGSUNG

(الطريقة المباشرة)

DENGAR UCAP

(الطريقة السمعية الشفوية)

TUJUAN

*   Menguasai keterampilan membaca, menulis dan terjemah

*   Menguasai  qawa’id sebagai sarat utama untuk menguasai  3 keterampilan tsb.

 

* Menguasai keterampilan berbicara dengan pola fikir bahasa Arab itu

* Menguasai ungkapan-ungkapan yang baik dan atas dasar qawa’id .

* Menguasai empat keterampilan  (Menyimak, berbicara, membaca dan menulis)

* Menguasai struktur/pola-pola kalimat

MATERI

PELAJARAN

*  Teks bahasa tulisan

    (نص مكتوب), dan untuk tingkat lanjut mulai dengan teks sastrawi

*  Pelajaran qawa’id secara sistimatis

*  Latihan membaca, menulis dan terjemah

* Bahasa lisan berbentuk:   – Hiwar antara dua orang

      dan antara lebih dari dua orang

   – Teks/wacana

* Tidak ada materi  qawa’id secara eksplisit (dikuasai melalui  pembiasaan)

* Bahasa lisan dalam bentuk

    – Hiwar dengan tampilan  pola-pola kalimat

    – Teks dengan topik-topik dalam situasi  budaya Arab

* Latihan pola-pola kalimat

TEKNIK

PENGAJARAN

*  Menggunakan bahasa pengantar BI

*   Menjelaskan makna mufradat dan kalimat dengan BI (terjemah dsb)

*   Latihan terjemah

*   Menganalisa jumlah dari segi qawa’id (  sharf, nahwu dan I’rab

*  Banyak latihan berdasarkan analogi dan deduktif

 

* Membandingkan bahasa Arab dengan bahasa ibu

 

* Tidak menggunakan BI sama sekali

* Menjelaskan makna mufradat dan kalimat, melalui sinonim, antonim, konteks (siyaq),  situasi, dan syarahul ma’na

* Memperoleh qawaid melalui mumarasah

* Banyak digunakan tanya jawab, menirukan dan  menghafal ( kurang latihan bersifat analogi dan induktif )

* Digunakan latihan ta’bir hur sejak awal

 

* Digunakan BI pada saat-saat ‘terpaksa’

* Tadribat) drill substitusi intensif tentang pola-pola kalimat melalui peniruan dan pengulangan

* Digunakan media  : Audio, Audio visual dalam terutama dalam latihan menyimak

 

EVALUASI

Merujuk kepada tujuan tsb

Merujuk kepada tujuan tsb

Merujuk kepada tujuan tsb

 

 

METODE

طريقة القواعد

 والترجمة

الطريقة

 المباشرة

الطريقة

 السمعية الشفوية

طريقة القراءة

TUJUAN

 

 

 

*  Difokuskan kepada keterampilan membaca

*  Menguasai  qawa’id yang mendukung kemampuan membaca

MATERI

AJAR

 

 

 

*  Teks bacaan

    – Mukassafah (intensif)

    – Muwassa’ah (ekstensif)

    – Daftar kosakata baru

*  Dimungkinkan materi latihan terjemah

TEKNIK

PENGAJARAN

 

 

 

*  Tidak menolak digunakannya kata pengantar dalam bahasa ibu dan kegiatan terjemah.

*  Pembelajaran dimulai dengan latihan  mengucapkan kata dan kalimat yang terdapat dalam teks bacaan

*  Qiraah shamitah dan  Jahriyah

*  Qiraah muwassa’ah (di luar jam tatap muka)

*  Digunakan berbagai media pelajaran untuk memahami makna kata dan kalimat.

EVALUASI

 

 

 

Merujuk kepada tujuan tsb

 

 

 
   

 

 

الأهداف

 

 

 

 

 

المحتوى

 

PERBANDINGAN METODE PENAGAJARAN BAHASA ARAB | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *