PERBANDINGAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB

 

PERBANDINGAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB

METODE

QAWA’ID TARJAMAH

(طريقة القواعد والترجمة)

LANGSUNG

(الطريقة المباشرة)

DENGAR UCAP

(الطريقة السمعية الشفوية)

TUJUAN

* Membaca, menulis dan terjemah

* Menguasai  qawa’id

 

* Berbicara dengan pola fikir bahasa Arab

* Ungkapan-ungkapan atas dasar qawa’id

* Menyimak, berbicara, membaca dan menulis

* Struktur/pola-pola kalimat

MATERI

AJAR

* Teks bahasa tulisan

    Tk. Lanjut: Teks sastrawi

*  Materi qawa’id

* Latihan membaca, menulis dan terjemah

* Teks bahasa lisan : hiwar

* Teks/wacana

* Tidak ada qawa’id secara eksplisit

* Teks bahasa lisan: hiwar  menampilkan  pola kalimat

*  Teks/Wacana menam-pilkan pola kalimat

*  Latihan pola kalimat

TEKNIK

PENGA-JARAN

* Menggunakan bahasa pengantar BI

* Menjelaskan makna mufradat dan kalimat dengan BI (terjemah dsb.)

* Latihan terjemah

* Menganalisa jumlah dari segi qawa’id/i’rab

* Banyak latihan analogi dan deduktif

* Membandingkan BA – BI

* Tidak menggunakan  BI

* Menjelaskan makna mufradat dan kalimat melalui sinonim, antonim, konteks,  situasi, syarhul ma’na

* Memperoleh qawaid melalui mumarasah

* Tanya jawab, menirukan dan  menghafal

* Latihan ta’bir hur sejak awal

* Tidak Membandingkan

*  Digunakan BI pada saat-saat ‘terpaksa’

*  Tadribat/ drill substitusi  tentang pola-pola kalimat melalui peniruan dan pengulangan

*  Digunakan media  : Audio, Audio visual dalam latihan menyimak

* Tidak Membandingkan

EVALUASI

Merujuk kpd tujuan

Merujuk kpd tujuan

Merujuk kpd tujuan

EVALUASI METODE

 

QAWA’ID TARJAMAH

(طريقة القواعد والترجمة)

LANGSUNG

(الطريقة المباشرة)

DENGAR UCAP

(الطريقة السمعية الشفوية)

*   Dapat mengakibatkan  qawa’id sebagai ‘tujuan’, bukan sebagai alat

*  Pembelajaran terpusat

    di dalam kelas

*  Sulit berbahasa lisan

*  Beban guru relatif ringan

*  Cocok untuk kelas besar

*  Dapat membuat siswa mampu membaca dan  menulis dalam waktu

   relatif singkat

*  Tercipta suasana belajar yang real dan hidup.

*  Motivasi belajar tinggi;

*  Ketiadaan bahasa ibu, pembelajaran tidak efisien

*  Siswa tidak memiliki pegangan (qawa’id) untuk berbahasa yang benar.

*  Memerlukan guru yang kreatif, inovatif dan mampu berbahasa lisan;

*  Dapat  mengakibatkan  intervensi BI dalam penggunaan kata-kata atau susunan kalimat.

*  Penguasaan struktur/pola kalimat

* Tadribat/drill dapat mengakibatkan sikap membeo &   generali-sasi salah (تعميم خاطئ)

* Qawaid tidak mendapatkan porsi  yang cukup

* Memerlukan guru yang kreatif, inovatif dst;

 

 

 

 

 

PERBANDINGAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *