Perbedaan Barang dan Jasa

Menurut Valerie A. Zeithaml (1996 : 19-21), membedakan barang dan jasa, perbedaan dan kumpulan aplikasi pemasaran ditunjukan dalam tabel dibawah ini :

Perbedaan Pelayanan dan Produk

PRODUK

PELAYANAN

IMPLIKASI PELAYANAN

Berwujud (Tangible)

Tidak Berwujud (Intangible)

  • Pelayanan tidak dapat diinvetorikan
  • Pelayanan tidak dapat dipatenkan
  • Pelayanan tidak dapat langsung dilihat
  • Susah menentukan nilai harga

Standarisasi

(Standardized)

 

  • Penyampaian pelayanan dan kepuasan sangat tergantung dari pelayanan karyawan
  • Kualitas pelayanan tergantung pada beberapa faktor tak terkendali
  • Tidak ada pengetahuan mengenai penyampaian pelayanan karena kadang berbeda dengan rencana promosinya

Produksi berpisah dengan konsumsi (Production separate from consumption)

Beraneka ragam

(Heterogeneity)

  • Konsumen berpartisipasi dan menghasilkan transaksi
  • Konsumen mempengaruhi satu sama lain
  • Karyawan menyebabkan hasil pelayanan
  • Penting melakukan desentralisasi
  • Susah melakukan produksi massal

Tidak mudah hilang (Nonperishable)

Produksi dan konsimsi terjadi bersama (Simultancous production and concumption)

  • Susah untuk menyatukan penawaran dan permintaan pelayanan
  • Pelayanan tidak dapat dikembalikan

Sumber : Adaptasi  dari  Valerie A. Zeithaml,  A. Parasuraman, and  Leonard L. Berry,  “Problems

               and Strategies in Services Marketing”, Journal of Marketing 49 (spring 1985) : 33-46

Perbedaan antara barang dan jasa adalah intangibility (tidak berujud). Karena jasa merupakan tindakan atau aksi daripada benda, jasa tidak dapat dilihat, diraba, dirasa, ataupun disentuh sebagaimana kita merasa barang berujud.

Hasil implikasi pemasaran adalah jasa tidak dapat diinventori dikarenakan fluktuasi dalam permintaan yang susah ditafsir, jasa tidak dapat dipatenkan secara hukum sebab konsep jasa yang baru seringkali ditiru pesaing, jasa tidak dapat ditampilkan atau dikomunikasikan kepada konsumen / pelanggan sehingga kualitasnya sulit untuk dinilai oleh konsumen, susah menentukan harga karena keputusan dalam menentukan biaya iklan dan bentuk promosi lainnya sangatlah kompleks.

  1. 1.        Heterogeneity

Dikarenakan jasa itu merupakan perlakuan atau tindakan, yang dihasilkan oleh manusia, tidak pernah sama antara jasa dengan yang lain. Keanekaragaman / Heterogeneity terbentuk karena tidak ada konsumen yang sama, masing-masing memiliki permintaan yang unik atau merasakan jasa dalam bentuk yang unik.

Hasil implikasi pasar adalah karena jasa beragam sepanjang waktu, dan organisasi, dan orang, sulit menentukan kandungan kualitas jasa. Kualitas sebenarnya tidak tergantung ada faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan oleh penawar jasa, seperti kemampuan konsumen menentukan kebutuhan mereka, kemampuan dan kesediaan secara pribadi puas pada kebutuhan tersebut, kehadiran pelanggan lain, dan tingkat permintaan jasa.

  1. 2.        Simultaneous Production and Consumption

Pada umumnya barang diproduksi terlebih dahulu kemudian dijual dan dikonsumsikan, tetapi kebanyakan jasa dijual terlebih dahulu dan kemudian berbentuk dan terkonsumsi secara simultan / bersamaan.

Hasil implikasi pemasaran adalah karena jasa sering diproduksi dan dikonsumsikan pada waktu yang sama, sehingga poduksi massal sulit untuk dihasilkan. Kualitas jasa dan kepuasan konsumen akan sangat tergantung pada apa yang terjadi saat ini, termasuk tindakan karyawan dan interaksi antara karyawan dan konsumen. Karena produksi dan konsumsi berbentuk secara bersamaan, konsumen ikut dan melihat proses produksi tersebut dan akan menghasilkan penilaian (positif atau negatif) atas interaksi jasa.

  1. 3.        Perishability

Perishability menunjukkan bahwa jasa / tidak dapat disimpan, dijual kembali, ataupun dikembalikan.

Hasil implikasi pemasaran adalah bahwa para pemasar menghadapi hubungan perishability yang tidak mungkin didata. Fakta menunjukkan bahwa jasa yang tidak dapat dikembalikan atau dijual kembali dan juga berarti kebutuhan akan pemulihan strategi apabila terjadi suatu kesalahan.

Perbedaan Barang dan Jasa | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *