Perpustakaan USD Berhasil Pertahankan Sertifikat ISO 9001: 2008

Kamis-Jumat 12-13 Januari 2012 Perpustakaan USD (PUSD) menjalani audit mutu eksternal SGS untuk keperluan pembaharuan sertifikasi ISO 9001:2008. Audit tersebut dilakukan karena PUSD akan melewati siklus sertifikasi ISO 9001: 2008 pada tanggal 10 Februari 2012. Audit dilakukan lebih kurang sebulan sebelum masa sertifikasi berakhir. Hasil audit yang dilakukan tersebut menentukan diperpanjang atau tidaknya sertifikat ISO yang disandang PUSD untuk siklus 3 tahun ke depan. Sesuai dengan audit plan yang ditentukan pihak auditor SGS sebagai lembaga registrar audit dilakukan untuk seluruh proses di PUSD yang mencakup administrasi, akuisisi, katalogisasi, dan pelayanan pemakai,  dengan demikian melibatkan secara aktif seluruh staf dari awal sampai akhir.

Hasil dalam resertifikasi kali pertama ini ditemukan dua ketidaksesuaian minor dan enam temuan observasi. Ketidaksesuaian minor ditemukan karena adanya ketidakkonsistenan pelaksanaan instruksi kerja. Sementara itu beberapa temuan observasi antara lain: perlunya peningkatan standar sasaran mutu yang selalu tercapai, adanya ketidakkonsistenan penanganan keterlambatan pengembalian buku oleh dosen, dan perlunya perbaikan instruksi kerja yang berkaitan dengan pelabelan koleksi. Ketidaksesuaian-ketidaksesuaian tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh PUSD dengan perbaikan-perbaikan.

“Selamat dan Profisiat”, demikian disampaikan Kepala PUSD, Prof. Dr. Frans Susilo, SJ. dalam milisnya kepada seluruh staf atas keberhasilannya mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008 untuk siklus tiga tahun ke depan. Sertifikasi ISO PUSD diperoleh atas  dukungan penuh Rektorat USD dan Yayasan Sanata Dharma, juga merupakan hasil kerja keras dan konsisten semua komponen di PUSD. Staf PUSD berkomitmen penuh menjalankan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001: 2008 dan terus berupaya melakukan evaluasi serta peningkatan yang berkelanjutan. Kebanggaan tidak saja dirasakan oleh PUSD semata, namun juga menjadi kebanggaan Universitas Sanata Dharma.

Perpustakaan USD Berhasil Pertahankan Sertifikat ISO 9001: 2008 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *