Pertolongan Pertama pada Ponsel Jatuh

Beberapa produsen ponsel tercatat memang pernah mengeluarkan seri “tahan banting” yang tahan guncangan atau benturan, namun tentu saja ada batas ketinggian. Lalu, apa yang harus dilakukan jika handphone kesayanganmu terjatuh?

Bila handphone jatuh dengan posisi bagian-bagiannya terlepas, cobalah untuk memasangnya lagi dan menghidupkannya. Namun jika handphone jatuh dan masih dalam keadaan utuh dan tak terlepas, cobalah goyang-goyangkan handphone, jika tidak terdengar bunyi dari dalam handphone berarti tidak ada komponen yang lepas, maka handphone cukup aman untuk dinyalakan kembali.

Jika terjadi gangguan pada proses koneksi atau tidak bisa untuk menelpon, maka cobalah untuk melepas casing dan periksa apakah baterai sudah pada posisi yang betul serta tidak bergeser dengan konektornya. Setelah dirasa posisi baterai benar maka coba hidupkan kembali. Bila masih belum juga hidup maka telah terjadi beberapa kerusakan yang berarti pada handphone tersebut.

Kerusakan bisa terjadi pada LCD yang pecah atau lepas dari sambungan koneksinya. Bisa juga pada baut atau sekrup yang mengunci mainboard dengan komponen lain. Apabila posisi mainboard tidak kuat bisa menyebabkan gangguan koneksi. Bawa handphone pada service center, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pertolongan Pertama pada Ponsel Jatuh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *