PKMM USD Adakan Pelatihan Internet bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga

Minggu pagi itu suasana laboratorium komputer  Teknik Informatika Universitas Sanata Dharma berbeda dari  hari-hari biasanya.  Laboratorium  yang biasanya dipakai untuk praktikum mahasiswa, kali ini digunakan oleh para ibu-ibu rumah tangga berlatih internet. Tujuannya adalah mengenalkan kepada para ibu rumah tangga tentang pemanfaatan internet untuk mencari bahan-bahan makanan yang baik untuk kesehatan melalui situs-situs yang ada, mencari menu sehat bagi keluarga serta mencari informasi tentang kandungan gizi dari berbagai bahan makanan, sayur maupun buah-buahan, kemudian dipraktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.  Harapannya adalah para ibu rumah tangga mampu membuat menu keluarga yang memenuhi angka kebutuhan gizi, terjamin kebersihannya, tidak mengandung  seperti pengawet, pemanis buatan, maupun pewarna tekstil yang berbahaya bagi tubuh kita.

Ibu rumah tangga mempunyai peranan yang besar dalam menjaga kesehatan keluarga terutama dalam mengatur menu makanan sehari-hari.  Beredarnya  makanan yang tidak layak konsumsi di pasaran yang membahayakan kesehatan seperti ayam tiren (mati kemaren), buah-buahan berlapis lilin, daging oplosan, makanan atau minuman berpengawet membuat para ibu harus berhati-hati dalam memilih makanan maupun bahan makanan. Melalui pemanfaatan internet, para ibu dapat dengan mudah mencari bahan makanan yang aman dikonsumsi, membedakan makanan yang aman dikonsumsi oleh kita serta dampak dari bahan berbahaya yang terkandung pada makanan. Pengalaman tersebut kemudian dapat dibagikan kepada para ibu lainnya sehingga kesehatan keluarga dapat terjamin.

Salah satu peserta pelatihan internet, Ibu Diah merasa sangat senang mengikuti pelatihan internet ini.  “Seru,  seneng mas…. , saya belum pernah ikut pelatihan seperti ini, Aku tuh taunya internet cuma buat anak-anak, lagipula saya di rumah tidak ada internet”,  tutur Bu Diah sambil tertawa. Lain halnya dengan  Bu Marjoko yang di rumahnya sudah terhubung internet.  Dengan RT/RW net yang ada ibu ketua PKK RT 02, RT 01 Minomartani ini hampir setiap hari menggunakan internet untuk kirim email, berbagi cerita lewat facebook maupun mencari materi pembelajaran buat anak-anaknya yang masih sekolah. “Kalau tentang kesehatan saya belum pernah, setelah dapat pelatihan ini dan tahu cara membuka dan alamatnya, saya akan praktekkan di rumah nanti”, begitu kata Bu Marjoko saat ditanya tentang kesannya saat mengikuti pelatihan internet ini.  Selama ini RT/RW net yang ada di wilayah RT 02/ RW 01 minomartani sebagian besar penggunanya bapak-bapak serta anak-anak dan sebagian besar digunakan hanya untuk hiburan atau komunikasi saja.

Pelatihan internet bagi ibu-ibu rumah tangga ini diselenggarakan pada tanggal 4 Maret 2012 oleh kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) yang diketuai oleh Eduardus Hardika Sandy (Program Studi Teknik Informatika), dengan anggota: Yeni Natalia dan Michael Raharja Gani, keduanya dari farmasi, Hilda Muliastu Widesti dari Psikologi, dan Jeanot Nahasan Nida dari Teknik Informatika. Dengan didampingi oleh Bapak Eko Hari Parmadi, S.Si., M.Kom selaku dosen pendamping, kelompok ini mencoba untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di Perumahan Minomartani Ngaglik Sleman dalam Membuat Menu Sehat melalui Media RT/RW net. Pelatihan internet ini merupakan tahap awal kegiatan pemberdayaan tersebut.  Kegiatan lain yang terkait dengan program ini yang sudah dilaksanakan sebelumnya adalah pemeriksaan kesehatan bagi para ibu rumah tangga meliputi pengukuran tensi darah, berat badan, tes kolesterol, dan tes asam urat.  Dalam waktu dekat, kelompok ini juga akan mengadakan pelatihan pembuatan email dan blog pada tanggal 11 Maret 2012 dan 18 Maret 2012. Harapannya, para ibu rumah tangga mampu mensharingkan pengalaman khususnya tentang menu sehat lewat email maupun blog ke para ibu rumah tangga lainnya.

PKMM USD Adakan Pelatihan Internet bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *