Pengertian Etika

Etika berasal dari bahasa latin ethicus dan dalam bahasa Yunani disebut ethicos yang berarti kebiasaan.  Dengan demikian menurut pengertian asli, yang dikatakan baik apabila sesuai dengan kebiasaan masyarakat.

        Adapun  pengertian etika menurut Drs. Ig. Wursanto adalah

“Penyelidikan filosofis mengenai kewajiban-kewajiban manusia dan dalam hal-hal yang baik dan buruk.  Etika tidak membahas keadaan manusia, melainkan membahas bagaimana manusia itu seharusnya bertingkah laku benar”.

       Akhirnya lambat laun pengertian etika tersebut berubah sesuai dengan kemajuan pemikiran yang ada dalam masyarakat dan menyebut etika sebagai:

       “Suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik”.

       Disini yang dimaksud adalah tentang perbuatan manusia, maka di dalamnya berkaitan erat antara akhlak atau moral.  Suatu perbuatan yang secara moral dianggap baik biasanya disebut etis atau beretika.  Menurut Dra. Lilies Nur Ainie

moral adalah:

       “Aturan kesusilaan yang meliputi semua norma untuk kelakuan, perbuatan tingkah laku yang baik”.

       Dewasa ini aturan-aturan tersebut dalam lingkungan pergaulan lebih dititik beratkan pada cara berbicara yang sopan, cara duduk, menerima tamu dan bentuk sopan satun lainnya yang dapat dipergunakan di lingkungan  sosial manapun.

       Adapun pengertian dari etika sekretaris adalah:

       “Norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah, ukuran-ukuran

yang diterima dan ditaati oleh sekretaris, yang berupa

peraturan-peraturan  atau  hal-hal yang sudah merupakan kebiasaan (yang baik), dan dianggap sudah diketahui dan perlu atau harus dilaksanakan”.

       Dari beberapa sumber yang telah disampaikan diatas  penulis menyimpulkan bahwa etika adalah suatu ilmu yang membicarakan perbuatan atau tingkah laku  manusia yang secara moral dianggap baik yang meliputi semua norma untuk kelakuan dan dianggap sesuai dengan kebiasaan masyarakat.

Pengertian Etika | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *