Poligami MLM : Mengapa Tidak?

Poligami MLM : Mengapa Tidak?

Sering kita mendengar pepatah yang mengatakan ”Jangan menyimpan semua telor dalam satu keranjang”. Saya rasa, banyak di antara kita yang setuju dengan pepatah tersebut. Nah, sekarang mari kita melihat bagaimana pepatah tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan juga di bisnis MLM kita.

Apabila kita melakukan investasi di Pasar Modal, walau kita tahu bahwa saham-saham yang bagus adalah saham-saham utama (saham blue chip), tidak disarankan untuk menginvestasikan semua uang ke hanya satu dari saham-saham blue-chip tersebut. Lebih baik jika investasi di saham disebar ke beberapa perusahaan (saham) karena hal ini akan mengurangi resiko dalam berinvestasi.

Di luar dunia saham, seandainya Anda hanya tergantung pada satu sumber penghasilan, katakanlah sebagai karyawan atau memiliki usaha sendiri, apabila terjadi kegoncangan pada perusahaan dimana Anda bekerja atau pada perusahaan Anda, maka ketakutan atau kekhawatiran akan melanda. Bisa-bisa, hal tersebut membuat pikiran menjadi tidak jernih yang berakibat prestasi kerja semakin menurun. Apabila Anda memiliki sumber penghasilan yang lain, maka hal ini tidak akan terjadi.

Saya telah berjumpa dengan banyak pemain MLM yang telah total memberikan waktunya hanya untuk bertekun di bisnis yang mereka jalankan. Dengan alasan harus fokus, mereka tidak menyadari bahwa ada ada kendaraan lain yang bagus juga untuk dapat dijadikan alat untuk mencapai tujuan. Apabila perusahaan yang mereka tekuni tersebut mengalami kemunduran, maka cerita di atas akan terulang, karena hanya mengandalkan satu sumber pendapatan.

Dari buku Parable of the Pipeline karangan Burke Hedges. Dikatakan bila kita memiliki lebih dari satu pipa maka akan lebih bagus, karena bila salah satu dari pipa kita menjadi kering, masih ada pipa yang lain yang akan tetap menghasilkan.

Saya telah berjumpa dengan beberapa orang pemain MLM yang menerapkan sistem di atas yaitu dengan aktif di beberapa perusahaan MLM dan mereke juga cukup sukses di MLM-MLM tersebut. Ada seseorang yang aktif di puluhan perusahaan MLM dan 6 diantaranya memberikannya residual income.

Apa kiat sukses untuk menjalankan beberapa MLM sekaligus??

Pertama-tama, produknya jangan sampai bertabrakan (overlap) dan jangan sampai terlibat dengan money game.

Tentunya jika berpoligami, income yang didapat tidak akan sefantastis apabila Anda focus ke salah satu MLM saja. Tetapi setidaknya akan membuat resiko semakin kecil. Selain itu, tetap harus ada MLM yang berperan sebagai “isteri pertama” atau pegangan utama.

Tentunya, artikel ini akan mengundang pro dan kontra. Yang perlu direnungkan adalah, bila Anda bisa sukses di dua tempat, tiga tempat dan bahkan banyak tempat, kenapa harus membatasi diri?

Seperti yang selalu diucapkan,” Jangan membatasi mimpi Anda”.

—————————–

Poligami MLM : Mengapa Tidak? | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *