Populasi dan Sampel

1.      Populasi

Populasi adalah kelompok subyek yang akan dikenai generalisasi hasil penelitian, yang memiliki karakteristik/ciri (tidak terbatas) yang membedakan dengan kelompok lain47. Jadi populasi dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru, dan keseluruhan siswa kelas II MAN 3 Malang. Dasar penentuan populasi tersebut adalah sebagaimana pendapat Sutrisno Hadi, dimana ia menegaskan bahwa populasi dibatasi sebagai jumlah penduduk atau individu, yang paling sedikit mempunyai sifat yang sama.

2.      Penentuan sample

Penelitian ini tidak dikenakan pada semua anggota populasi tetapi hanya dilakukan pada sejumlah anggota populasi. Sampel adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti48. Dalam pengambilan sampel ini tidak ada satu ketetapan yang mutlak, beberapa persen sampel yang harus diambil. Hal ini sesuai dengan pendapat Sutrisno Hadi, “sebenarnya tidak ada satu ketetapan yang mutlak beberapa persen suatu sampel harus diambil dari populasi, ketiadaan mutlak itu tidak perlu menimbulkan keraguan terhadap seseorang penyelidik”49.

Arikunto memberikan anjuran bahwa dalam pengambilan sampel, apabila jumlah subyek kurang dari 100 orang lebih baik jumlah tersebut diambil semua, sehingga penelitiannya menjadi penelitian populasi, selanjutnya apabila jumlah subyek besar atau lebih dari 100 orang maka dapat diambil antara 10%-15% atau 20%-25% atau lebih50.

Berdasarkan pendapat diatas, maka pengambilan sampel pada penelitian ini, peneliti mengambil jumlah 50 % dari jumlah populasi. Sampel diambil dengan menggunakan metode random sampling dengan cara undian. Adapun sampel yang diambil adalah 50 % dari 66 yang terdiri dari 2 kelas yang setiap kelasnya berjumlah 33 siswa, sehingga jumlah sampel yang diambil yakni sebanyak 66 orang siswa.



47  Singarimbun, M.E, Metodelogi Penelitian Survey, Jakarta, New Aqua, 1989, hlm: 152.

48 Arikunto , Op, Cit, hlm: 117

49 Sutrisno Hadi, Statistik II, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 1984. hlm: 224

50 Arikunto, Op.Cit. hl:120

Populasi dan Sampel | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *