Prinsip Dasar PTK

 

Beberapa catatan penting yang dinyatakan sebagai prinsip dasar PTK dan merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh peneliti disarikan dari tulisan Kasihani (1999) dan Suyanto (1997) berikut ini.

1.   PTK tidak boleh mengganggu tugas utama dari guru yaitu mengajar. Jadi bila seorang guru sedang melakukan PTK, maka ia sebenarnya sedang berusaha mengembangkan perannya sebagai guru yang profesional, karena salah satu ciri guru yang profesional adalah dapat mengajar dengan efektif sambil melakukan penelitian.

2. Pada saat kegiatan pengumpulan data dalam PTK, tidak disarankan menggunakan  waktu  yang  terlalu  lama.  Agar  hal  ini  terlaksana  maka peneliti  harus  sudah  merasa  pasti  dalam  memilih  teknik  yang  tepat, termasuk pengumpulan data awal sebelum kegiatan PTK dimulai.

3.  Metodologi yang digunakan dalam PTK harus tepat dan terpercaya. Bila metodologinya   tepat     akan                          memberi           peluang      bagi         guru     untuk memformulasikan hipotesis tindakan dan mengembangan strategi yang dapat  diterapkan  di  kelasnya.  Hipotesis  adalah                          jawaban  sementara terhadap persoalan yang diajukan dalam PTK.

4.   Masalah yang diangkat dalam PTK harus merupakan masalah yang memang ada, faktual, menarik, dan layak untuk diteliti. PTK sebaiknya dimulai dari hal-hal yang sederhana dan nyata. Dengan demikian siklus dimulai dengan yang kecil sehingga perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi menjadi lebih jelas.

5. PTK berorientasi pada perbaikan pendidikan dengan jalan melakukan perubahan-perubahan    yang                                     dilaksanakan                dalam     tindakan-tindakan.

Penelitian Tindakan Kelas di SD 11

 

Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika

 

Kesiapan  guru  untuk  berubah  merupakan  syarat  penting  bila  akan melakukan perbaikan.

6. PTK merupakan proses sistematik yang memerlukan kemampuan dan keterampilan intelektual. Pada saat proses penelitian, maka peneliti dituntut berpikir kritis yaitu mulai menentukan masalah, perencanaan tindakan baik yang bersifat teoritik maupun praktis, kemudian dijabarkan dalam tindakan- tindakan.

7.  PTK menuntut guru untuk membuat catatan-catatan pribadi tentang semua kemajuan        atau                  perubahan              siswa,    permasalahan-permasalahan    yang dialami, dan refleksi tentang proses belajar siswa, serta proses pelaksanaan tindakan-tindakan dalam penelitian.

8.  Dalam PTK guru dapat melihat dan menilai diri sendiri terhadap apa yang telah dilakukan di kelasnya. Dengan melihat unjuk kerjanya, kemudian direfleksi dan diperbaiki, guru akan lebih terampil dalam melaksanakan profesinya.

 

 

Prinsip Dasar PTK | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *