Program Kegiatan Ruhiah Anak Usia 0-2 tahun

Program Kegiatan Ruhiah Anak Usia 0-2 tahun

    Seringlah memperdengarkan bacaan Qur’an di saat menyusui atau pada kesempatan-kesempatan biasa, misalnya membiasakan menyetel kaset/cd murattal di rumah dan kendaraan.

    Bawalah anak pada saat Ayah dan Ibu melakukan sholat. Bisa sambil menggendong atau menaruhnya di pinggir sajadah. Pastikan anak melihat gerakan-gerakan yang di lakukan Ayah dan ibu saat sholat, berdzikir dan berdo’a.

    Biasakan membacakan doa-doa sebelum makan, sesudah makan, sebelum tidur. Biarkan anak untuk terbiasa mendengar ucapan do’a-do’a tersebut, lama kelamaan suatu saat ia akan berusaha untuk mengikutinya.

    Lakukan kegiatan ibadah seperti sholat, ngaji, di dekat anak.

    Ucapkan kalimat thayyibah sesering mungkin. Misalnya: Alhamdulillah, Allahuakbar, Subhanallah, dsb.

    Ceritakan kisah Nabi atau sahabat dengan wajah penuh ekspresi pada anak. Dan usahakan anak terlibat perhatiannya pada saat cerita tsb. sedang dibacakan/diceritakan.

    Ajaklah anak bersama-sama mengucapkan kata “Bismillahirrahmanirrahiim” dan “Alhamdulillah”. Lakukan tiap kali hendak melakukan dan mengakhiri kegiatan.

    Bacakan surat Al Fatihah sesering mungkin ke anak. Pada anak yang sudah mulai belajar bicara, ajaklah untuk belajar mengikuti kata demi kata dalam surat tersebut. Upayakan selalu dilakukan dalam keadaan senang.

    Ajaklah anak terus untuk berlatih mengucapkan kata-kata thayyibah dengan baik, benar dan jelas.

    Ciptakan suasana senang yang membuat anak bergembira setiapkali mengucapkan kata-kata thayyibah tsb. Juga pada saatkegiatan sholat. Misalnya bisa dengan memberikat pujian kalau anak rajin mengucapkan kata kata thayyibah tsb. Sekali-kali berikan hadiah bila anak berhasil mengucapkan satu ayat dengan benar atau sholat dengan baik dan tekun.

    Ajaklah untuk selalu bersyukur dengan memperbanyak membaca hamdalah.

    Ajaklah anak untuk melakukan sholat bersama. Untuk yang masih bayi (belum bisa berdiri/berjalan), tetap sediakan sajadah dan gunakan perlengkapan sholat (sarung atau mukena kecil) agar anak merasa senang dan tertarik.

    Setiap hendak sholat, jelaskan ke anak bahwa saat itu ibu akan sholat ashar sebanyak 4 rakaat (misalnya). Jelaskan/katakanlah pada anak bahwa sholat itu menyembah Allah dan Allah itu hanya “SATU“ (berikan sedikit penekanan pada kata satu).

    Masih pada penanaman keeesaan Allah.
    Ajarkanlah anak lagu Satu Satu Aku Cinta Allah (nada lagu satu satu aku sayang ibu)
    Teks:
    Satu satu….
    Aku cinta Allah
    Dua Dua…
    Cinta Rasulullah
    Tiga tiga..
    Cinta Ibu Ayah
    Satu dua tiga
    Jalan masuk syurga

    Mulai kenalkan huruf hijaiyah pada pada anak. Kenalkan perlahan (tidak langsung ‘memaksa belajar’). Bisa dengan bernyanyi lagu a ba ta tsa nya Neno atau lagu lain yang dikuasai oleh orangtua. Bila tidak bisa dengan lagu, bisa dengan menulis huruf hijaiyah tsb. (1-2 huruf dulu), di kertas besar, sambil diwarnai bersama.

    Pahamkan ke anak bahwa Allah mencintai keindahan dan kebersihan. Juga Rasulullah selalu hidup bersih dan sehat.

    Ajarkan pada anak bahwa si anak adalah ciptaan Allah. Juga kakak, ayah, ibu adalah ciptaan Allah.

    Ajarkan pada anak mengenai rasa kasih sayang dalam keluarga.

Sumber: www.fahima.org

Program Kegiatan Ruhiah Anak Usia 0-2 tahun | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *