RIM Pangkas Harga 4 Model BlackBerry di India

Pemotongan harga sering menjadi jalan para vendor ponsel untuk membangkitkan minat konsumen. Itu pula yang baru-baru ini dilakukan Research in Motion (RIM) selaku produsen smartphone BlackBerry.

Vendor asal Kanada itu melakukan pemotongan harga beberapa model BlackBerry di pasar ponsel terbesar kedua di dunia, India. Pemangkasannya pun terbilang cukup signifikan, sampai 26% atau sekitar seperempat harga handset tersebut.

Sebanyak 4 model BlackBerry dipangkas banderolnya oleh RIM. Yang terbesar adalah pemotongan harga seri Torch 9860 sampai 26,7% menjadi 21.990 rupee atau sekitar Rp 3,9 juta. Kemudian Curve 8520 turun 18% menjadi 8.999 rupee atau sekitar Rp 1,6 juta. Dua model yang juga dipotong adalah Curve 9360 dan Curve 9380.

Di India, BlackBerry memang menghadapi tantangan hebat dari Apple dan Android yang dimotori Samsung. Sunil Dutt selaku Managing Director RIM India menyatakan, keempat model yang dipangkas harganya itu memasok 60% penjualan RIM di India.

“Fokusnya bukan hanya menurunkan harga, namun kami ingin menjangkau jumlah besar orang dan memberikan mereka pengalaman memakai BlackBerry,” kata Dutt, dikutip detikINET dari Times of India, Kamis (29/3/2012).

Ya, Sunil ingin semakin banyak orang memakai BlackBerry di India. Sehingga pemangkasan banderol ini diharapkan membuat lebih banyak orang di sana mampu membeli BlackBerry.

Di India, BlackBerry menempati posisi ketika smartphone paling laris dengan market share 15%. Mereka membuntuti Nokia dengan dengan pangsa pasar 38% dan Samsung 28%.

RIM Pangkas Harga 4 Model BlackBerry di India | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *