Salatiga IT Park sebagai Sinergi Infrakstruktur daerah

Sebagai proses pembangunan infrastruktur TI di Indonesia, pemerintah telah memberi pencanangan Sistem Inovasi Nasional (SINAS), lewat sistem ini nantinya akan terbentuk sinergi dengan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) dan klaster industri. Hal ini dimaksudkan dalam meningkatkan pertumbuhan TI secara merata di Indonesia. Pada Jumat, 16 April 2010 Kementrian Riset dan Teknologi mengadakan pertemuan dengan Wakil pemerintah Jawa Tengah, Pemkot Salatiga dan akademisi UKSW untuk membahas pembangunan Salatiga IT Park. 

Dikutip Beritanet dari Ristek.go.id, Senin (19/4/2010), kota Salatiga selain merupakan daerah pendidikan nasional dengan potensi yang signifikan yakni rencana pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo, perwujudan dari penerapan SIDA , Pemkot Salatiga akan bekerja sama dengan Pemrov Jateng dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Walikota Salatiga, John Manuel memaparkan pembangunan IT Park sebagai usaha untuk memberdayakan industri dan komunitas IT di Kota Salatiga serta kota-kota di sekitarnya, sebagai wujud nyata keberpihakan maka Pemkot telah menyediakan lahan dan UKSW siap untuk menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang IT.

Apresiasi positif dikemukakan Kemal Prihatma sebagai Asdep Urusan Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi, Salatiga IT Park telah memenuhi syarat sebagai industri kreatif yang memungkinkan untuk mendapat bantuan pendanaan dari pemerintah pusat, Kemal juga mengingatkan peran serta Pemkot Salatiga dalam menyiapkan infrastruktur yang memadai dan saling mendukung untuk keberlangsungan IT Park. (ss)

Salatiga IT Park sebagai Sinergi Infrakstruktur daerah | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *