SanDisk Memperkenalkan Seri SSD Ekstrim untuk Gamer

 

Dalam jangka waktu satu minggu ini  SanDisk telah memperkenalkan lebih dari satu lini produk mereka walaupun untuk jenis yang sama yaitu perangkat penyimpanan SSD (Solid State Drive) namun dengan seri dan kemampuan yang berbeda.

Baru-baru ini SanDisk telah memperkenalkan produk SSD seri X100, dan saat ini hadir lagi satu seri baru yang diperkenalkan dengan nama seri SanDisk Extreme SSD. Sesuai namanya, produk seri ini  dioptimalkan untuk kehandalan kinerja yang tinggi dan efisiensi energi.

Kent Perry, direktur, pemasaran produk, SanDisk, mengatakan : ” Berkat SSD, waktu tunggu pada Komputer akan menjadi sesuatu dari masa lalu. “

” Sandisk Extreme SSD kami, mampu memberikan waktu  booting dan shutdown yang instan secara virtual,  dengan peluncuran aplikasi yang lebih cepat. Ini adalah perbaikan besar untuk sebuah pengalaman komputasi. “

Perusahaan mengklaim bahwa Sandisk Extreme SSD sepuluh kali lebih cepat dari kecepatan piring  pada unit hard drive yaitu 7.200 RPM (rotasi per menit).

jika merujuk pada catatan itu, dapat dihitung kecepatan membaca  = 550 MB / s dan kecepatan menulis hingga 520 MB / s.  Angka hasil perhitungan ini meninggalkan sedikit keraguan, akan kecepatan yang mampu dihasilkan oleh Sandisk Extreme SSD yang mampu mencapai hingga 10 kali lipatnya.

Sebagai perbandingan, seri X100 SSD untuk notebook dan komputer desktop biasa bekerja masing-masing pada 500 MB / s dan 420 MB / s, sedangkan dengan spesifikasi yang lebih tinggi, model SSD Ekstrim dimaksudkan untuk game, terutama yang mana dalam game, harus mampu menghasilkan waktu  penundaan yang  minimal dan perlu dihasilkan lingkungan yang cepat (misalnya , MMORPG).

lebih spesifik lagi, berarti mampu menulis secara acak Input-Output Operations Per Second (IOPS) sampai 83.000, sedangkan membaca acak IOPS adalah 44.000.

Pendatang baru ini beroperasi pada daya 30% lebih sedikit daripada HDD, menghasilkan lebih sedikit panas dan tidak ada suara. Dengan demikian, mungkin laptop yang akan mendapatkan keuntungan besar dari penggunaannya.

SSD menggunakan SATA III drive, untuk kapasitas 129 GB dijual dengan harga  $ 189,99 (144,27 Euro)  dan 240 GB dijual dengan harga $ 399,99 (303,73 Euro).  Sedangkan untuk kapasitas  480 GB, baru akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang ,dengan kisaran harga $ 749,99 (569,51 Euro).

SanDisk Memperkenalkan Seri SSD Ekstrim untuk Gamer | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *