Sejarah PTK

Bila kita mau jujur, hampir semua orang akan sepakat bahwa kualitas kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di sekolah perlu ditingkatkan. Bagaimana caranya? Angelo (1991)  berpendapat bahwa sebagian pendidik menyatakan, dunia pendidikan dapat ditingkatkan kualitasnya dengan memanfaatkan hasil penelitian dalam bidang pendidikan dan psikologi. Tetapi kenyataan yang terjadi adalah hasil-hasil penelitian kurang dapat menjawab peningkatan kualitas pendidikan. Para peneliti (dalam penelitian non kelas) telah gagal menjawab persoalan-persoalan praktis      yang        dihadapi             guru di   kelas. Mereka   lebih tertarik  pada     aspek  publikasi ilmiah dari hasil penelitiannya, dibandingkan dengan kegiatan mengaplikasikan temuannya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Para peneliti menyatakan bahwa apa yang dihasilkan dari kegiatan penelitian hanya menjawab persoalan-persoalan umum dalam dunia pendidikan, bukan  untuk melakukan  aplikasi-aplikasi  tertentu  dalam  kelas-kelas  khusus. Itulah  sebabnya,  persoalan-persoalan  teknis  yang  mendasar  dalam  dunia

pendidikan masih tetap belum terjawab.

 

Pernyataan tersebut tentu menimbulkan pemikiran bagi bapak/ibu. Bagaimana hasil-hasil penelitian pendidikan di Indonesia? Apakah pernyataan tersebut juga berlaku?

 

Pada tahun 1986 dalam usaha untuk mempersempit jurang pemisah antara penelitian dan pengajaran,                                            Praticia Cross mengajukan sebuah cara sistematis untuk pengajaran yang dilakukan dalam kegiatan penelitian kelas. Menurut

Cross (dalam Angelo, 1991) penelitian kelas merupakan sebuah cara untuk

 

6 Penelitian Tindakan Kelas di SD

 

Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika

 

mengurangi jarak antara peneliti dan praktisi, karena mengangkat persoalan- persoalan praktis yang dihadapi guru di kelas. Hasil penelitian dapat secara langsung dimanfaatkan untuk kepentingan kualitas kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

 

 

Dalam  dunia  pendidikan,  PTK  atau  Classroom Action Research yang  dapat dilakukan oleh guru dan tenaga kependidikan lainnya, semakin dirasakan manfaatnya baik untuk perbaikan maupun peningkatan mutu pembelajaran di kelas.          Pertanyaan yang        kemudian     muncul,       pernahkah  bapak/ibu          guru memikirkan untuk mencoba PTK? Atau yang lebih ringan pernahkah bapak/ibu guru membaca laporan hasil PTK? Atau membantu teman guru melaksanakan PTK? Tentu kita tidak mengharap terjadi jawaban dari bapak/ibu yaitu belum sama sekali atau tahu saja baru sekarang.

 

 

PTK memang masih dirasa asing oleh sebagian besar guru kita, terutama guru SD. Hal ini terlihat pula saat membahas materi PTK pada                                                  Diklat di PPPPTK Matematika. Oleh karena, itu agar guru  dapat melakukan PTK dengan benar maka perlu mengenal dan memiliki pengetahuan yang cukup dan gambaran yang jelas tentang penelitian ini.

Sejarah PTK | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *