Sistem Kerja dan Langkah-langkah Kerja Housekeeping

Karyawan hotel dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan jadwal kerja yang telah ditetapkan. Sebelum melaksanakan tugas dan pekerjaannya, khususnya pada Room Boy/Room Maid harus mengisi daftar hadir yang berada di sectionnya dan segeralah berganti Uniform. Selanjutnya mulailah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti :

–  Sheet

–  Towel

–  Soap, Matches

–  Pillow case, shampoo

–  Dan lain-lain
Langkah-langkah membersihkan kamar

a.  Seorang Room Boy/Room Maid pertama-tama mengeluarkan
kereta  atau trolley dari  section  yang  telah
disediakan berikut dengan perlengkapannya menuju
kamar yang akan dibersihkan.

b.  Sebelum masuk kamar yang akan dibersihkan,  terlebih
dahulu mengetuk pintu sebanyak tiga kali atau dengan
menekan bell sambil menyebutkan identitasnya

c.  Apabila  tidak ada  jawaban,  maka  seorang  Room
Boy/Room Maid mulai membuka pintu secara  perlahan-
lahan dengan kunci yang kita miliki. Dan apabila ada
tamunnya di dalam, maka kita dapat menanyakan apakah
kamarnya boleh dibersihkan sekarang.

Jika boleh,  mulailah bekerja  atau mengerjakannya

 

tetapi sebelum mulai bekerja, dapat melihat mini barnya terlebih dahulu. Di kartika Hotel untuk mengontrol Mini Bar atau mengisinya sudah ada petugasnya sendiri, jadi para Room Boy/Room Maidnya hanya mengecheck saja.

d. Setelah  masuk ke dalam kamar  tersebut,  maka
segeralah membuka Gorden yang dilanjutkan dengan
memeriksa kamar,  terutama pada  kamar yang baru
Check  Out.   Apabila  ada  barang  tamu   yang
tertinggal/terbawa oleh tamu, maka segeralah melapor
pada supervisornya.

e. Mengeluarkan kotoran dan peralatan yang akan diambil
oleh petugas. Setelah itu mengecheck  lampu-lampu,
bila ada yang rusak segeralah melapor.

f. Sebelum  mendusting/membersihkan terlebih  dahulu
making  bed atau membersihkan atau mengatur  tempat
tidur,  dimana  sheet-sheet yang sudah kotor dapat
diganti  dengan sheet-sheet yang bersih,  kemudian
sheet yang kotor dikumpulkan.

g. Setelah making bed, barulah memulai untuk mendusting
secara berurutan, yaitu membersihkan karpet,  lampu-
lampu dan lain-lainnya.

h. Membersihkan Night table, juga lampunya, telephone serta menata kembali perlengkapan yang ada di meja seperti memo, ballpoint dan lainnya.

i. Setelah semuanya selesai barulah membersihkan kamar mandi, dimulai dari:

 

1.       Mencuci gelas sambil membersihkan wash basin.

2.       Membersihkan toilet bowl, bath tub

3.                Membuang sampah yang ada pada waste basket

4.       Mengganti handuk seperti:

 

–  Bath towel

–  Face towel

–  Hand towel

–  Bath mat

Selain itu harus melengkapi supplies yang dibutuhkan di kamar mandi misalnya:

–  Toilet paper

–  Shampoo

–  Soap, Matches

–  Shower curtain, dll

j. Apabila semuanya sudah selesai dibersihkan atau sudah rapih kemudian check sekali lagi, mungkin masih ada yang kurang yang harus dikerjakan atau dilengkapi. Bila sudah selesai semuanya, Room Boy, Room Maid menulis di Room Boy Control Sheet bahwa kamar bersebut sudah dibersihkan dan siap untuk dijual kembali. Kemudian tutup pintu kembali untuk selanjutnya mengerjakan kamar berikutnya. Kerja Housekeeping di Kartika Hotel adalah:

Seorang Room Boy/Room Maid di Hotel Kartika bertugas membersihkan ruangan kamar dan menjaga kamarnya termasuk barang-barang milik tamu. Semua karyawan hotel dari tingkat atas adalah pelayan, jadi

 

dalam hal ini seorang Room Boy/Maid harus bersikap sopan dan hormat terhadap tamunya. Begitupula dalam pelayanannya harus cepat bila memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh tamu. Jangan sampai tamu yang datang kecewa hanya karena terlambat memberikan pelayanan. Sikap sopan tersebut adalah:

–  Saat  kita menerima telephone hendaknya menggunakan
bahasa yang baik dan benar, volumenya yang jelas tapi
dengan nada lembut.

–  Apabila bertemu dengan tamu,  hendaknya memberikan
salam walaupun kadang-kadang dalam keadaan merasa
jengkel oleh perbuatan tamu.  Tidak boleh  marah
ataupun menunjukkan  sikap yang  kurang  senang di
hadapan tamu tersebut dan lain sebagainya.

Perlengkapan  kerja yang digunakan di  Kartika Hotel adalah:

– Trolly/kereta dorong dan semua perlengkapannya.

– Vacuum cleaner, untuk membersihkan karpet yang kotor.
Selain itu di Kartika Hotel juga melaksanakan Laundry
yaitu:  Suatu pelayanan jasa yang diberikan oleh pihak
hotel di bidang pencucian pakaian tamu, sheet,  uniform
dan lain sebagainya. Dalam pencucian tersebut para tamu
akan membayar dengan harga yang sesuai  dengan jenis
pakaiannya yang sudah ditentukan oleh pihak hotel.
Tugas seorang laundry adalah:

Menyiapkan nomer-nomer kamar bila ada tamu yang akan

 

mencucikan pakaiannya. Kemudian pakaian tamu tersebut

ditempel nomor kamarnya dan diserahkan kepada  petugas

laundry.

Rekening/Bill Laundry dibuat tiga rangkap, yaitu:

1.       Bill yang berwarna  kuning diserahkan ke tempat
pencucian

2.       Bill yang berwarna putih diserahkan kepada tamu

3.       Bill yang berwarna hijau disimpan oleh pihak laundry
sebagai arsip.

Penanganan Linen di Kartika Hotel adalah:

Linen yang sudah kotor dikumpulkan oleh Room Boy/ Room Maid, selanjutnya diambil oleh Houseman, Kemudian diserahkan kepada bagian laundry. Setelah dari laundry kemudian diambil alih kembali oleh Houseman dan disimpan di linen/gudang. Kemudian diambil oleh Room Boy/Maid bila diperlukan/akan digunakan. Prosedur pengambilan linennya:

1.       Mengambil  cucian dari kamar-kamar tamu berdasarkan
order tamu dari Laundry Office.

2.       Menginformasikan kepada tamu jika pakaiannya  sudah
tua/sobek.

3.       Mencocokkan cucian dengan catatan di listnya

4.       Membubuhkan  no. kode pada cucian agar  cucian
tersebut tidak tertukar dengan yang lainnya.

5.       Menyerahkan ke  bagian Washer  untuk  selanjutnya
diproses .

 

Sedangkan  untuk  penanganan  linen  restaurant adalah:

Pertama : Linen dari Restaurant/bar diambil oleh seorang petugas untuk dicatat, kemudian diantarkan ke tempat pencucian, tempatnya sama dengan penanganannya di Housekeeping.

 

a. Standard  penataan  kamar  tamu  di  Kartika   Hotel adalah :

1. Standard Position

Meletakkan perlengkapan kamar sesuai dengan letaknya yang baik dan sudah semestinya.

2. Standard Practise

Seni untuk meletakkan atau menempatkan perlengkapan kamar, sehingga akan mempermudah untuk pemakaiannya.

3.  Comfortable

Menempatkan perlengkapan kamar sehingga memberikan kenyamanan pada saat pemakaian fasilitas tersebut.

Aktivitas yang biasa dilakukan oleh Room Boy /Room Maid adalah:

–  Time Keeper
Memasukkan time card in.

–  Locker

Mengenakan Uniform/baju kerja

–  Housekeeping Office
Mencek/mengabsensi

–  Floor Staion

 

–  Mempersiapkan alat kebersihan

–  Persiapan

–  Linen yang bersih yang akan digunakan

–  Mempersiapkan Room Boy/Maid card

– Kamar tamu

Melaksanakan prosedur Make Up kamar tamu.

 

Adapun tugas dari Room Boy disini adalah:

–  Mengumpulkan dan menghitung linen kotor

–  Mengisi linen order

–  Menyimpan linen bersih

–  Menyimpan Room Guest Supplies

–  Mengisi Foor Log Book

– Linen Room

–  Menerima linen kotor

–  Menyimpan linen bersih

– Housekeeping Office

–  Absensi

–  Menyerahkan laporan-laporan

–  Menyelesaikan administrasi

– Locker

– Tempat untuk berganti Uniform/pakaian

Tugas-tugas Room Boy/Room Maid disini adalah: 1. Morning Shift

* Menyiapkan kamar yang sudah dipesan untuk hari itu.

–  Mencek terhadap room supplies/guest supplies

–  Mengisi  termos  air yang  ada  dan  mengisi
perlengkapan mini bar

–  Meneliti  dan meyakinkan apakah fasilitas  kamar
sudah benar-benar bersih

–  Semprotkan pengharum ruangan

 

II. Evening Shift

–  Mengerjakan  terlebih  dahulu pekerjaan  petugas
morning shift yang masih belum terselesaikan

–  Menyambut tamu-tamu  yang  telah  reservation
terlebih dahulu

–  Open bed untuk kamar-kamar yang sudah ada tamunya
terlebih dahulu

III. Night Shift

–  Mengerjakan terlebih dahulu pekerjaan  petugas
morning shift yang masih belum terselesaikan

–  Mengerjakan tugas-tugas khusus yang diberikan oleh
supervisor/housekeeping bila ada

–  Bekerja sama dengan Front Office untuk menghindari
terjadinya skipper

Mini Bar di Kartika Hotel berisikan:

–  Guiness      2 kaleng

–  Bir Anker    2 kaleng

–  Seven Up     2 kaleng

–  Grenn Sands  2 kaleng

–  Coca cola    2 kaleng

–  Vit          2 botol

–  Apple Juice  2 kaleng

–  Melon Juice  2 kaleng

–  A & W        2 kaleng

–  Orange Juice  2 kaleng

–  Lipovitan    2 botol

–  Pit Up       2 botol

–  Kratindaeng  2 botol

–  M-150        2 botol

 

b. Hal-hal yang perlu diperhatikan di Housekeeping adalah:

V (Vacant)

Kode atau istilah yang biasa dijumpai.

Kamar dalam keadaan kosong yang siap untuk dijual

atau digunakan

– 0 (Occupied)

Kamar yang sudah terisi oleh tamu

– R (Repair)

Kamar yang kosong dan sedang dalam keadaan rusak tetapi tidak terlalu lama karena akan diperbaiki

– OO (Out of Order)

Kamar yang kosong dalam keadaan rusak dan tidak bisa dijual dan dipergunakan

– DD (Don’t Disturb)

Kamar yang tidak dapat/boleh diganggu gugat

– E (Employee)

Kamar yang biasanya dipergunakan oleh karyawan dan pegawai sendiri

– HU (House Use)

Kamar yang biasa dipakai oleh pagawai dan kemungkinan juga bisa dipergunakan oleh bukan pegawainya

– ON (Occupied No luggage)

Kamar yang terisi dan tamunya tidak membawa barang

– SO (Slept Out)

Kamar yang terisi oleh tamu tetapi tamunya tidak tidur di dalam melainkan tidur di luar

 

– DL (Double Locket)

Kamar yang mempunyai kunci dari dalamnya

– Please Make Room Now

Kamar  yang meminta  untuk segera  dibersihkan terlebih dahulu

– MA (Morning Arrival)

Kamar yang diisi oleh tamu yang  datangnya pada pagi hari

c. Room Check Report

Laporan yang digunakan untuk mencek kamar dari nomor paling kecil hingga terakhir. Hal tersebut ditujukan agar operasional dalam menyiapkan kamar tetap baik hingga selesai dan siap untuk dijual dan tamu tidak akan salah masuk kamarnya.

d.  Lost and Found Section

Salah satu bagian dari Housekeeping yang bertugas menangani barang-barang tamu yang tertinggal atau hilang.

Cara menangani barang tamu yang hilang adalah: Dengan  cara  dibungkus dan diberi  nomer petunjuk, kemudian dicatat  dalam buku lost  and  found yang sudah diisi dengan data-data mengenai barang  temuan tersebut.  Bila telah disimpan selama periode yang telah ditentukan tidak ada yang menanyakan maka biasanya barang  tersebut akan diberikan pada  si penemu sesuai dengan ketentuan manajemen.

 

Sistem Kerja dan Langkah-langkah Kerja Housekeeping | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *