Supercomputer Appro Mulai Beroperasi di Universitas Tsukuba, Jepang

Appro, penyedia solusi superkomputer, baru saja mengumumkan bahwa Pusat Ilmu Komputasi (CCS: Center for Computational Sciences) di Universitas Tsukuba di Jepang telah memasang  dan mengoperasikan Supercomputer baru  Xtreme-X  yang dikembangkan oleh perusahaannya.

Appro Xtreme-X Supercomputer adalah sistem hibrida yang menampilkan kombinasi dari CPU dan GPU di setiap node komputasi untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem prosesor tradisional.

Setiap node penghitung menawarkan 2 CPU yang berbasis  Intel® Xeon® processor E5 dan  4 GPU dari Nvidia Seri M2090 Tesla. Setiap node menyediakan daya komputasi 2,99 teraflops, yang menurut Appro merupakan akselerasi node GPU yang tercepat di dunia untuk sistem massively clustered. Secara keseluruhan Superkomputer ini mampu  mencapai kinerja puncak hingga 802 teraflops (802 triliun kali per detik).

“Kami senang untuk menyelesaikan instalasi dan penyebaran Supercomputer Xtreme-X Appro  yang berbasis di University of Tsukuba,” kata Daniel Kim, CEO Appro.

Menurut perwakilan perusahaan : “Sistem yang mutakhir  dari superkomputer hybrid ini akan menghasilkan kinerja, skalabilitas dan pengelolaan untuk membantu memimpin sebuah awal baru penelitian ilmiah.”

HA-PACS (Highly Accelerated Parallel Advanced system for Computational Sciences ) adalah proyek 3-tahun di CCS, Universitas Tsukuba, untuk mengembangkan generasi baru cluster GPU skala besar yang akan digunakan sebagai studi test untuk mengembangkan “mekanisme komputasi percepatan yang digabungkan secara paralel,” untuk memungkinkan komunikasi langsung antara GPU.

Rencananya adalah untuk mengembangkan teknologi komputasi exascale untuk mendukung ilmu komputasi masa depan.

” Pusat Ilmu Komputasi di Universitas Tsukuba dengan bangga memiliki akses ke Supercomputer Xtreme-X Appro untuk mendukung proyek HA-PACS. Penyebaran ini akan menempatkan kita pada jalur cepat menuju komputasi Exascale,” kata Taisuke Boku, wakil direktur Pusat Ilmu Komputasi di Universitas Tsukuba.

Menurut informasi, superkomputer ini telah mulai beroperasi pada awal Februari tahun ini.

Supercomputer Appro Mulai Beroperasi di Universitas Tsukuba, Jepang | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *