SUPERMAN Tidak Bisa Sukses di MLM

SUPERMAN Tidak Bisa Sukses di MLM

Apakah Anda seorang SUPERMAN? Kalau YA… saya mohon maaf telah membuat judul diatas, semoga saja peluang untuk Anda lain lagi. Network Marketing adalah suatu kegiatan bisnis yang pasti melibatkan network yang mejalankan fungsi marketing. Dalam hal ini tentu saja ada “pemimpin” yang membina, mengontrol dan mengembangkan organisani jaringan tersebut. Siapakah dia pemimpinnya?… idealnya tentu saja setiap pelaku Network Marketing itu.

Membina sebuah jaringan kerja memang gampang-gampang susah.. karena dalam jaringan itu terdapat banyak pribadi yang kemauan dan kemampuannya macam-macam. Perlu keterampilan secukupnya untuk berhasil membina jaringan.

Pelaku MLM yang merasa kemampuannya kurang bagus biasanya kurang PD (percaya diri) dalam berbisnis, sehingga bisnisnya tidak berjalan dengan bagus juga. Sebenarnya menurut saya masalahnya bukan pada ketidak mampuannya, tetapi masalahnya hanya karena ketidak-PD-annya itu sendiri. Bagaimana mungkin membuat orang lain percaya jika dia tidak percaya pada dirinya sendiri. PD aja lagi… karena sikap PD itu yang akan membuat orang lain bahkan yang lebih hebat mau bergabung dalam jaringan Anda.

Kebalikannya untuk orang yang merasa kemampuannya sangat bagus justru kadang-kadang tidak percaya pada orang lain, dia merasa bisa melakukan segalanya, dan tidak percaya kalau orang lain bisa melakukannya… ini yang saya katakan sebagai superman… dan saya berani perkirakan bahwa dia juga tidak akan sukses di bisnis MLM.

Mengapa demikian?

Seorang kenalan saya yang sudah cukup lama menjalankan bisnis MLM, mempunyai kemampuan yang luar biasa, presentasinya hebat, trainingnya memukau dan banyak kemampuan lain yang membuatnya super. Sayangnya kemampuannya itu tidak mudah di duplikasikan, dia merasa bahwa jaringannya tidak bisa melakukan sebaik yang bisa dia lakukan, semua hal dilakukan sendiri, sehingga jaringannya cenderung tergantung kepadanya, memang omsetnya bisa besar, tetapi setiap dia ke luar kota… ples… omset langsung turun. Lagipula besarnya omset juga mentok pada jumlah tertentu.

Perhatikan kata “secukupnya” yang saya tuliskan di atas. Kemampuan secukupnya ditambah sikap percaya diri justru mempunyai potensi sukses yang lebih besar. Seorang Network-Marketer harus mampu menduplikasikan apa yang dilakukannya kepada downlinenya, harus bisa mendelegasikan hal-hal yang harus dilakukan downlinenya. Dan hal ini memang membutuhkan waktu… percayalah dengan jaringan Anda pasti akan besar melebihi apa yang bisa Anda lakukan sendirian.

“The Death of Superman, the Rise of SuperTeam”

————————————-

SUPERMAN Tidak Bisa Sukses di MLM | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *