Tablet Android Masih Keteteran Lawan iPad

 

Penjualan komputer tablet diperkirakan mencapai 118,9 juta unit di tahun 2012. Apple iPad diprediksi masih menjadi kekuatan dominan. Sedangkan tablet berbasis Android masih akan kesulitan menuai kesuksesan, tak seperti yang terjadi di pasar smartphone.

Perkiraan tersebut dikemukakan oleh biro riset terkemuka, Gartner. Penjualan tablet diproyeksi meningkat 98% dari tahun 2011 di mana jumlah penjualan mencapai 60 juta unit.

Menurut Gartner, Apple akan menjual sekitar 73 juta unit tablet dan meraih pangsa pasar 61,4%. Sedikit menurun dari 66,6% di tahun 2011. Sedangkan tablet Android diproyeksi terjual 37,9 juta unit dengan market share 32%. Market share tablet Android ‘hanya’ meningkat 3% dari tahun 2011.

“Pada dasarnya, market share Android tidak akan meningkat terlalu banyak dibandingkan di 2011,” ucap Roberto Cozza, analis di Gartner yang dikutip detikINET dari ComputerWorld, Rabu (11/4/2012).

Dua pemain utama tablet Android adalah Samsung Electronics dan Amazon. Masih menurut Gartner, ada beberapa alasan mengapa tablet Android masih susah berjaya. Misalnya Google belum membuat ekosistem yang cukup menarik bagi para user.

Terlalu banyaknya tablet dengan spesifikasi yang berlainan juga membuat kesulitan developer, terutama developer game. Aplikasi khusus tablet Android pun terhitung masih sedikit.

Namun demikian, dominasi iPad diprediksi Gartner perlahan menurun. Di tahun 2016, Apple hanya akan memiliki pangsa pasar 46%. Sedangkan Android ketika itu diprediksi punya pangsa pasar 37%.

Lalu bagaimana nasib tablet Windows 8? Gartner memproyeksi akhir tahun ini, tablet Windows 8 baru meraup 4,1% market share. Di tahun 2016, tablet ini juga masih tetap berada di posisi ketiga, di belakang iPad dan Android.

Tablet Android Masih Keteteran Lawan iPad | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *