Teknologi pelindung kartu memori SD/Micro-SD

 

Akhir-akhir ini aktivitas Hacker semakin meningkat dan dinilai sangat berbahaya bagi keamanan data, sehingga sebuah perusahaan pembuat kartu memori yang sudah terkenal dengan merknya yaitu Transcend memutuskan bahwa pada perangkat penyimpanan yang berukuran kecil sekalipun, haruslah memiliki tingkat perlindungan yang tinggi. Karenanya perusahaan ini menciptakan beberapa  inovasi baru perlindungan untuk proses “salin”/Copy pada kartu memori SD/microSD.

Transcend memperkenalkan sistem perlindungan ini pada  produk kartu memori terbarunya  dengan kapasitas mulai dari 2 GB hingga 16/64 GB, dimana kartu memori ini memiliki metode penyimpanan seperti partisi CDROM untuk mencegah proses copy yang tidak sah, penghapusan dan jenis-jenis modifikasi lainnya.

Dengan kapasitas 2 GB sampai 16/64 GB, mereka menyimpan data

Maksimum pertahanan diaktifkan oleh pre-loading kartu memori pada titik pembuatan.Hal ini memastikan bahwa tidak ada cara apapun baik untuk menyalin atau menghapus data apapun pada kartu memori ini.

Ini berarti bahwa tidak akan memungkinkan untuk penambahan data baru pada media, tapi setidaknya dapat di pastikan bahwa tidak akan ada virus atau aplikasi berbahaya lain yang bisa menginfeksi  file/data yang sudah ada.

Pelanggan dapat membuat daftar data atau file apa saja yang menurutnya penting misalkan karya-karya artistik, ide-ide eksklusif dan berbagai kreasi lainnya, kemudian diberikan kepada pihak Transcend untuk menuliskan semuanya pada media penyimpanan SD/microSD yang telah di lengkapi dengan sistem perlindungan. Perusahaan menjamin perlindungan untuk menyimpan file audio dan video dalam partisi read-only dengan cara yang mirip seperti pada CD (compact disc).

Mungkin orang akan mengatakan bahwa ini adalah langkah ekstrim yang di lakukan sebagai akibat dari kekhawatiran yang berlebihan, tapi pada kenyataannya yang terjadi adalah begitu banyak sistem keamanan yang ditawarkan berhasil di tembus dan mengeksploitasi data baik dari jaringan game online hingga pada jaringan milik pemerintah.

Transcend mungkin tidak bisa menanggapi pendapat-pendapat yang demikian, tapi mereka membuktikan bahwa mereka mampu menciptakan sebuah media penyimpanan dengan perlindungan yang baik dan memberikan jaminan garansi seumur hidup untuk kualitas produknya. Media ini tidak tersedia di pasaran,  karena saat ini masih terbatas hanya berdasarkan permintaan.

Teknologi pelindung kartu memori SD/Micro-SD | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *