Tidak Semua Orang Sesuai dengan Apa yang Kita Fikirkan

Kita harus sadar bahwa tidak semua orang bisa mengikuti pola fikir kita, bisa jadi kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk menyetujui atau bahkan faham akan apa yang kita fikirkan. Dan kita memang tidak bisa memaksakan sesorang untuk bisa menerima pemikiran kita. Banyak kesalahfahaman antara kita karena kita tidak bisa mentransfer pemikiran kita dengan benar, walaupun sebenarnya apa yang kita maksud jauh dari apa yang mereka pikirkan.

Kita harus tahu siapa yang akan kita ajak bicara atau sampaikan pendapat kita sebelum kita lontarkan pendapat yang kita miliki dengan pemilihan bahasa atau dengan pertimbangan yang matang. Jangan asal ngomong keluar dari mulut kita yang nantinya akan berakibat fatal yaitu menyakiti hati seseorang. Sebagai contoh sederhana yang biasa saya temui dalam percakapan group WA, ada sesorang yang berargumen tentang apa yang sebenarnya itu adalah kawasan fital yang seharusnya dihindari. Tapi entah karena bergurau atau memang karena dia salah ucap sehingga ada pihak yang merasa sakit hati dengan apa yang diucapakan. Ketersinggungan inilah yang akan mengakibatkan hubungan antar individu menjadi terganggu.

Kita banyak menemui ini karena memang sifat setiap individu berbeda beda. Mungkin kita juga pernah merasakan ini, ketika kita chat digroup dan ternyata chat kita tadi membuat orang lain merasa sakit hati dan tersinggung dengan apa yang kita ucapakan, padahal belum tentu apa yang kita ucapkan tadi salah dan juga mungkin mereka salah faham dengan apa yang kita ucapakan. Lebih baik memang kita berkata dengan bahasa yang mudah difahami banyak orang dan minimal kita berbicara dengan memahami terlebih dahulu karakter yang akan kita ajak bicara.

Tidak Semua Orang Sesuai dengan Apa yang Kita Fikirkan | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *