Tinjauan tentang kegiatan eksperimen

2.4  Tinjauan tentang kegiatan eksperimen

Guru dapat menciptakan metode mengajar sendiri. Mengingat kepribadian dan pengalamannya, tujuan dan bahan pengajaran, serta peran para siswa yang akan diajarkan, guru akan memilih dan mengadaptasikan berbagai teknik mengajar yang ada untuk menjadi metode yang barang kali khas baginya. Seorang  guru tidak dapat mengajar dengan baik dengan jalan meniru suatu metode yang memang efektif bagi guru yang lain. Tetapi perlu diingat sebelum guru menggunakan suatu metode dalam belajar, hendaknya guru juga mempertimbangkan banyak faktor diantaranya  yaitu metode hendaknya sesuai dengan tujuan, diadaptasikan dengan kemampuan siswa, sesuai dengan psikologi belajar, dan disesuaikan dengan bahan pelajaran. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah metode eksperimen.

Metode eksperimen dikenal dengan nama lain metode percobaan. Metode eksperimen adalah suatu cara pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menemukan, menganalisis, membuktikan dan mengalami sendiri objeknya, keadaan serta menarik kesimpulan mengenai hal-hal yang telah dialaminya.  Pelaksanaannya dapat dilakukan secara individual maupun secara kelompok tergantung pada tujuan, makna percobaan ataupun kualitas alat yang dimiliki.

Secara teoritis, dalam penelitian ini metode eksperimen dapat digunakan untuk menyampaikan materi fisika SMA kelas 1 pokok bahasan fluida.

Tinjauan tentang kegiatan eksperimen | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *