Tips Menarik Pengunjung Website | Tips Agar Pengunjung Website Anda Betah

Persaingan bisnis online yang semakin meningkat, membuat para blogger berusaha keras untuk membuat pengunjung website betah berlama-lama menikmati informasi yang ada di website mereka. Bahkan mereka saling berlomba untuk menahan para pengunjungnya, agar betah berselancar di website miliknya. Berbagai cara dilakukan untuk membuat pengunjung betah, sebab sebuah website bisa dikatakan bagus jika website tersebut berhasil membuat para pengunjungnya merasa nyaman untuk menikmati semua konten yang ada di dalamnya.

Meskipun demikian,  tidak semua blogger berhasil menahan pengunjungnya untuk berlama-lama di website mereka. Padahal semakin lama pengunjung berselancar di website Anda, maka semakin banyak pula peluang yang dapat Anda peroleh. Misalnya saja peluang untuk membuat pengunjung tertarik dengan produk Anda atau sekedar membuat pengunjung tertarik memasang iklan banner, sehingga meningkatkan pendapatan dan page rank website Anda. Sangat menguntungkan bukan?

Oleh karena itu, untuk mengetahui cara menarik pengunjung agar betah berlama-lama mencari informasi di sebuah website. Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan tentang beberapa tips membuat pengunjung website betah.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut beberapa tips sukses yang dapat Anda coba :

1. Buatlah tampilan website yang menarik.

Kesan pertama pengunjung yang diperoleh dari tampilan website tersebut. Tampilan website yang menarik, bukan berarti harus penuh warna dan penuh dengan iklan. Buatlah tampilan website dengan warna yang nyaman dimata, tidak terdapat banyak link yang membingungkan pengunjung, navigasi diatur secara rapi, serta tidak terlalu banyak iklan yang lewat ketika pengunjung sedang membaca konten di website tersebut. Sehingga pengunjung merasa nyaman berlama-lama di website Anda.

2. Berikan konten yang berkualitas.

Yang tidak kalah penting untuk membuat pengunjung betah yaitu adanya konten yang bermanfaat. Biasanya pengunjung akan semakin betah, jika Ia menemukan informasi-informasi bermanfaat di sebuah website. Seperti informasi yang membahas tentang solusi dari sebuah permasalahan, atau sekedar berita penting mengenai perkembangan kondisi saat ini. Faktor ini yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sebuah website, bahkan mereka tidak sungkan untuk kembali mengunjungi website tersebut.

Materi / isi blog dapat berupa gambar, video, tulisan, link download atau hal-hal lainnya yang bermanfaat bagi pengunjung, usahakan sebuah blog memiliki “niche” atau sebuah topik khusus yang dibahas, seperti misalnya blog pribadi saya ini saat ini mengangkat tema Blogging dan Bisnis Online, sehingga karakter dan tulisan-tulisan yang berada di dalam blog ini lebih banyak diisi dengan hal-hal yang berkaitan dengan blogging dan bisnis online

3. Hindarkan website Anda dari eror.

Karena pengunjung tidak suka dengan website yang sering eror. Oleh karena itu pastikan website Anda tidak ada link yang eror, karena akan menganggu kenyamanan pengunjung saat mencari informasi di website Anda. Disamping itu pastikan untuk memilih hosting yang tidak sering down. Jika hosting Anda sering down, maka website Anda tidak dapat dikunjungi para user, sehingga mereka enggan untuk kembali lagi  ke website Anda. Tentu ini akan sangat merugikan website Anda.

4. Usahakan website cepat di akses.

Akses masuk website yang terlalu lama, ilustrasi pengunjung website 250×172 Tips Membuat Pengunjung Website Betahmembuat para pengunjung cepat meninggalkan website Anda. Karena mereka tidak suka untuk menunggu terlalu lama, apalagi bagi pengunjung yang koneksinya minim. Karena mereka akan sangat kesulitan untuk membuka website Anda. Oleh sebab itu, hindari penggunaan animasi atau gambar yang berukuran besar. Agar website Anda tidak terlalu berat untuk dibuka, dan mudah diakses para pengguna internet.

5. Upayakan untuk berinteraksi dengan para pengunjung.

Interaksi dapat dilakukan dengan membalas coment yang masuk ke website, membalas email pengunjung, atau sekedar berkomunikasi secara langsung dengan layanan chat online. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk membuat para pengunjung senang dan tertarik, untuk sering-sering berkunjung di website Anda. Sebab para pengunjung bisnis online seperti websitepun, juga membutuhkan keramah-tamahan dari pemiliknya.

6. Tanamkan brand/image yang menjadi ciri khas website Anda.

Bisnis online atau website juga membutuhkan pengenalan brand atau image pada para pengunjungnya. Ini bertujuan untuk mengenalkan website Anda kepada para pengunjung, sehingga pengunjung bisa membedakan website Anda dengan yang lainnya. Cara ini bisa dilakukan dengan menampilkan logo, banner, address bar icon, maupun tampilan website yang menjadi ciri khasnya. Contohnya saja bisnisukm.com, yang telah memasang logo di halaman utama website.

7. Menjawab Komentar

Jawablah setiap komentar yang masuk, berikan ucapan terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya, apalagi jika komentarnya berguna dan menambah informasi pada aritkel utamanya.

Sebagai tambahan bagi Anda pengguna WordPress maka coba pasang juga plugin “Comment Reply Notification” yang berfungsi untuk memberikan notifikasi melalui email kepada pengirim komentar di blog Anda saat Anda melakukan reply atau membalas komentarnya, dengan begitu pengunjung yang telah memberikan komentarnya dapat ingat kembali dengan blog yang Anda miliki.

Plugin-plugin seperti ini banyak jenisnya, fungsinya pun berbeda-beda, misalnya memberikan notifikasi saat komentar diapprove / ditampilkan oleh admin dsb, Anda dapat mencarinya di website resmi WordPress.

8. DoFollow Blog

Blog-blog dofollow memang lebih disukai sebagian blogger, khususnya bagi pencari backlink (dan spammer), blog yang beraliran dofollow kerap dikunjungi untuk diberikan komentar di kolom komentarnya sekaligus ditanam backlink. Saya pribadi kurang setuju kepada blog-blog yang menggunakan dofollow karena dapat menjadi sasaran utama para pencari backlink, sehingga orang yang memberikan komentar di blog dofollow terkadang hanya mau backlinknya saja dan isi dari komentarnya kurang / tidak berkaitan dengan isi artikel.

9. Berikan Bonus

Berikanlah pengunjung blog Anda bonus atau hal-hal gratisan lainnya, misalnya membuat program memilih komentar terbaik setiap beberapa minggu sekali atau membuat kontes lainnya yang memberikan manfaat dan hadiah sehingga pengunjung merasa terhibur dan lebih bersemangat berlama-lama di dalam blog Anda.

10. Pribadi Terkenal

Bagi Anda yang telah populer baik di dunia nyata ataupun dunia maya maka dapat menarik kunjungan ke dalam blog yang Anda miliki, misalnya Anda seorang artis atau seorang ahli tertentu yang dihormati maka tentu banyak orang yang ingin mengenal Anda lebih dekat lagi melalui blog yang Anda miliki.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat pengunjung website Anda betah. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa dipraktekan langsung di website Anda. Selamat mencoba, dan salam sukses.

Tips Menarik Pengunjung Website | Tips Agar Pengunjung Website Anda Betah | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *