Tips Merubah Flashdisk Menjadi RAM Komputer

RAM memang menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam suatu perangkat komputer. Terkadang kinerja komputer kita menjadi lambat jika RAM yang dimiliki oleh komputer kita hanya memiliki kapasitas yang sedikit. Untuk itu kita perlu tips merbuah flashdisk menjadi RAM. Untuk bisa membuat flashdisk kita menjadi RAM komputer, tentunya flashdisk anda harus memenuhi beberapa kriteria seperti dibawah ini.merubah flashdisk menjadi ram

Kali ini linkcerdas.com akan membagikan cara merubah flashdisk menjadi RAM untuk komputer anda. Langsung saja kita lihat syarat flashdisk yang bisa dijadikan RAM komputer.

Syarat Merubah Flashdisk Menjadi RAM:

  1. Kapasitas minimal flashdisk yang bisa digunakan menjadi RAM adalah 256 MB.
  2. Flashdisk yang akan dijadikan RAM harus memiliki format penyimpanan NTFS atau FAT16/FAT32.
  3. Minimal free space di flashdisk yang akan dijadikan RAM adalah sebesar 250 MB.
  4. Jangan gunakan flashdisk diatas 4 GB. Ini dikarenakan flashdisk anda hanya akan terbaca 4GB saja untuk RAM. Jadi jika ingin menjadikan flashdisk menjadi RAM, gunakan flashdisk yang tidak begitu besar kapasitasnya.

Sebelum anda mengubah flashdisk menjadi RAM komputer, sebaiknya anda baca terlebih dahulu hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum merubah flashdisk menjadi RAM.

  • Gunakan flashdisk yang sudah bekas saja.
  • Jangan menggunakan flashdisk yang mempunyai kapasitas banyak karena flashdisk yang akan terbaca untuk RAM maksimal hanyalah 4GB.
  • Jika RAM komputer anda sudah cukup bagus dan kapasitasnya diatas 1GB, sebaiknya anda gunakan RAM asli saja.
  • Resiko menggunakan flashdisk menjadi RAM adalah akan mempercepat rusaknya flashdisk anda. Ini dikarenakan flashdisk anda akan melakukan proses secara terus menerus sehingga flashdisk anda akan cepat panas dan cepat rusak.

Jika anda sudah mengetahui resiko dan hal yang harus diperhatikan, silakan baca tips untuk merubah flashdisk menjadi RAM. Sebenarnya untuk merubah flashdisk menjadi RAM komputer ada 2 cara.

Cara Pertama: Menggunakan Cara Manual

  • Colokkan flashdisk ke komputer anda. Tunggu hingga komputer anda selesai mendeteksi flashdisk anda.
  • Buka explorer, lalu klik kanan pada device flashdisk, pilih properties.merubah flashdisk menjadi ram
  • Pada jendela properties, pilih tab Ready Boost. Jangan lupa untuk mencentang Use This Device. Kemudian isikan berapa kapasitas flashdisk anda yang ingin anda jadikan RAM.merubah flashdisk menjadi ram
  • Jika sudah, klik Apply lalu klik OK.

Cara Kedua: Menggunakan Software Untuk Merubah Flashdisk Menjadi RAM

merubah flashdisk menjadi ramCara yang kedua ini sangat disarankan karena cara yang kedua ini memudahkan kita untuk membuat RAM menggunakan flashdisk, dan juga mengembalikan RAM ke posisi semula. linkcerdas.com sangat menyarankan anda untuk menggunakan cara yang kedua ini karena resiko kerusakan flashdisk lebih kecil.

  • Software yang digunakan adalah eBoostr. Anda bisa mendownload software tersebut melalui URL dibawah ini. Software: http://www.tusfiles.net/1uq2oiwi8me3 Key: http://www.tusfiles.net/cg9s9zhg0gns
  • Jika sudah mendownload software tersebut, install eBoostr di komputer anda lalu jalankan software. Colokkan flashdisk anda ke komputer.
  • Klik pada configure. Pilih flashdisk yang ingin dijadikan RAM, lalu centang pada use this device for caching.merubah flashdisk menjadi ram
  • Lalu tentukan ukuran yang ingin digunakan sebagai RAM. Anda bisa menggunakan semua kapsitas yang kosong untuk dijadikan RAM. Namun sebaiknya sisakan 50 MB free space untuk berjaga-jaga.merubah flashdisk menjadi ram
  • Jika sudah, silakan anda klik Apply dan OK. Maka secara otomatis flashdisk anda sudah menjadi RAM.
  • Jika ingin mengembalikan flashdisk ke format yang semula, anda hanya tinggal klik pada tombol remove.merubah flashdisk menjadi ram

Demikianlah cara merubah flashdisk menjadi RAM komputer. Jika flashdisk anda menjadi rusak karena dibuat RAM, silakan baca mengenai Cara memperbaiki flashdisk yang rusak.

Tips Merubah Flashdisk Menjadi RAM Komputer | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *