Tips Untuk Ibu Hamil Super Ampuh

Tips Untuk Ibu Hamil Super Ampuh

 

Tips Untuk Ibu Hamil Super Ampuh
Tips Ibu Dan Balita » Tips Untuk Ibu Hamil

 

Tips Untuk Ibu Hamil

 

Thursday, July 26th 2012. | Tips Ibu Dan Balita

Apa saja tips-tips bagi ibu hamil muda dan langkah apa yang harus dipersiapkan bagi ibu hamil agar sehat ? Hamil adalah masa membahagiakan bagi seorang ibu, suami dan keluarga. Dibalik kebahagian tersebut, ibu hamil harus mengalami suatu masa yang lain dari kebiasaan hidupnya selama ini.

Perubahan fisik dan psikis akan terus ditemui oleh ibu hamil selama menjalani masa kehamilan, dan masing-masing mengalami hal-hal yang bisa sama atau kadang berbeda dengan ibu hamil umumnya. Misalnya ada ibu hamil yang awal kehamilanya tidak mengalami mual dan muntah, tetapi di temukan banyak juga ibu hamil yang mengalami mual-mual dan muntah diawal kehamilanya, bahkan bisa terjadi disepanjang kehamilanya.

Bantuan dan dorongan suami dan keluarga dengan bekal kesabaran dan tawakkal, dapat membantu ibu hanil menemukan kedamaian dalam menjalani masa-masa kehamilanya dengan bahagia serta siap secara fisik dan mental. Selain hal tersebut, beberapa faktor juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil seperti, makanan atau status gizi, kebersihan diri, pakaian serta lingkungan, gaya hidup dan sebaginya yang perlu diketahui oleh ibu dalam mempersiapkan kehamilanya.

Ibu hamil juga sangat memerlukan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi perkembangan bai serta persiapan fisiknya guna menghadapai persalinan danmenyusui. Status gizi ibu yang kurang baik sebelum dan selam kehamilan dapat berakibat bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, serta mengakibatkan kematian janin. Peningkatan berat badan menggambarkan asupan gizi ibu hamil tercukupi. Ibu hamil membutuhkan energi sebesar 285 kkl per hari. Selain itu, ibu hamil butuh tambahan protein sebanyak 12% per hari atau 75-100 gram. Bahan pangan sumber protein misalnya, daging tak berlemak, ikan, telur, susu, dan hasil olahanya.

Ibu hamil juga butuh zat besi hingga 300% untuk mencegah anemia. Karena itu, kebutuhan zat besi untuk ibu hamil perlu ditunjang dengan suplemenzat besi. Suplemen zat besi dapat diberikan sejak minggu ke -12 kehamilan, sebesar 30-60 gram setiap hari hingga enam minggu setelah kelahiran. Vitamin C dan protein hewani juga membantu proses penyerapan zat besi.

Sedangkan kopi, teh, garam kalsium, magnesuim (terkandiung dalam kacang-kacangan) akan menghambat penyerapan zat besi. Jika terpaksa mengkonsumsi zat-zat ini usahakan tidak diminum bersamaan dengan tablet zat besi hingga dua jam setelahnya. Mengkomsumsi suplemen zat besi dalam jumlah banyak juga kuran baik, karena dapat menurunkan kadar seng dalam serum. Oleh karena itu asupan zat besi cukup dari makanan saja.

Selain zat besi, kebutuhan asam folat meningkat dua kali lipat selama kehamilan. Jika kekurangan asam folat ibu hamil dapat menderita anemia. Jenis makanan yang mengandung asam folat antaran lain : ragi, hati, brokoli, sayur berdaun hijau (bayam, asparagus) dan kacang-kacangan (kacang kering, kedelai). Sumer lain adalah ikan, daging, buah jeruk, dan telur.

Kebutuhan gizi lain ibu hamil adalah kalsium untuk pertumbuhan tulang. Sumber utama kalsium adalah susu dan hasil olahanya, udang, sarang burung, sarden kalengan, dan beberapa bahan makanan nabati, seperti sayuran warna hijau tua dan lain-lain. Ibu hamil juga pelu mengkonsumsi buah-buahan.

Sedangkan makanan yang perlu dihindari ibu hamil adalah berupa makanan mentah atau setengah matang, karena resiko toksoplasma, ikan yang mengandung metal merkuridalam kadar tinggi seperti hiu dan marlin yang dapat mengganggu sistim saraf janin. Juga hindari kafein dalam kopi, teh cokelat, kola dibatasi 300 mg per hari, karena dapat menyebabkan insomnia atau sulit tidur dan refluks (masuknya isi lambung kedalam esophagus). Hati-hati mengkonsumsi vitamin A dalam dosis lebih kurang 20.000-50.000 IU/hari akan dapat menyebabkan kelinan bawaan. Ibu hamil juga diperbolehkan minum jamu, baca Jamu tradisional untuk ibu hamil.

Hal-hal yang harus dihindari bagi ibu hamil.
Hindari minuman beralkohol, karena alkohol dapat menghambat pertumbuahn otak pada janin. Tidak merokok dan hindari lingkungan merokok, sebuah penelitian menunjukan bahwa asap rokok dapat merusak sel otak janin. Ibu hamil juga perlu menghindari penggunaan obat-obatan, kecuali keadaan yang benar-benar membuthkan obat dan dibawah penanganan dokter. Mengkonsumsi obat-obatan serampangan bagi ibu hamil sangat berbahaya baik bagi ibu hamil itu sendiri maupun bagi janin yang dikandungnya.

Bagi ibu hamil disarankan agar memakai pakaian longgar, bersih dan tidak ada ikatan ketat pada daerah perut. Gunakan bahan yang mudah menyerap keringat, tidak memakai sandal dengan hak tinggi. Mengingat banyaknya keringat selama kehamilan sebaiknya membersihkan diri dengan teratur juga bagian tubuh yang membutuhkan perawatan kebersihan intensif adalah bagian vital dengan mandi dan memakai pakaian dalam yang bersih serta diganti minimal dua kali sehari, karena banyaknya cairan yang dihasilakan selama kehamilan.

Selain hal-hal diatas yang harus diperhatikan bagi ibu hamil hendaknya juga mempersiapkan proses kelahiran juga mempersiapkan nama (nana bayi pilihan) bagi si bayi anak anda kelak. Semoga bermanfaat.
Tips Untuk Ibu Hamil

* Cara Cepat Hamil Terbaru (Wajib Dibaca)
* Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak
* Mengobati Cacingan Pada Anak Secara Alami
Tips Ibu Dan Balita,

 

Tips Untuk Ibu Hamil

 

Tips Untuk Ibu Hamil Super Ampuh | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *