Trafik Padat, Telepon ke Lokasi Gempa Sulit Nyambung

 

Wilayah Aceh baru saja diguncang gempa berkekuatan 8,5 skala richter. Jaringan telekomunikasi di sana dilaporkan terganggu di mana panggilan menuju Aceh dan sekitarnya sulit tersambung.

Ketika dimintai tanggapannya,Head of Corporate Communication Division Telkomsel Ricardo Indra membenarkan komunikasi via jaringan selular ke Aceh dan sekitarnya kemungkinan mengalami gangguan. Penyebabnya lebih kepada trafik telepon yang berlebihan.

Calling ke sana masih bisa dilakukan namun mungkin ada yang masuk, ada yang tidak masuk. Penyebabnya trafik sangat tinggi,” kata Indra ketika dihubungi detikINET.

Menurutnya, pihak Telkomsel di Medan sudah mencoba uji coba panggilan ke Aceh. Didapati telepon masih mungkin terhubung meski mungkin ada kesulitan karena banyaknya masyarakat yang coba melakukan komunikasi.

Berdasarkan pantauan Telkomsel, jaringan telekomunikasi mereka di area gempa juga masih baik. Belum ada BTS yang sampai terganggu akibat guncangan gempa. Di area Sumatra, jumlah BTS Telkomsel sekitar 12.500.

“Info yang didapat dari Sumatera belum ada BTS Telkomsel yang mati berdasarkan pantauan kami,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Head of Corporate Communication & Affair Telkom Eddy Kurnia.

“Terkait operasi fasilitas telekomunikasi Telkom Group di Aceh sore hari ini, kami masih melakukan pemantauan tetapi memang sulit untuk kontak ke Aceh. Mungkin karena trafik dari dan keluar Aceh,” pungkasnya.

Trafik Padat, Telepon ke Lokasi Gempa Sulit Nyambung | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *